PENDAMPINGAN PENYUSUNAN DAN PENERAPAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH BAGI SISWA SD NEGERI 4 BANJAR

Penulis

  • Irma Rahmayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Agus Sukadana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Martiwi Setiawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Mulyantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Sri Rahayu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Komang Sunia Tri Andini Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

literasi, penerapan, pendampingan

Abstrak

Hasil uji literasi masyarakat Indonesia yang rendah menjadi salah satu faktor digulirkannya Gerakan Literasi Sekolah oleh pemerintah. Penerapan gerakan ini di SD Negeri 4 Banjar belum berjalan dengan optimal sehingga diperlukan pendampingan dalam penyusunan dan penerapan program literasi sekolah. Kegiatan ini dimulai dengan melakukan observasi berupa kunjungan terlebih dahulu ke sekolah mitra dan melakukan wawancara dengan beberapa guru. Kegiatan selanjutnya adalah penyusunan program literasi secara bersama-sama dengan pihak sekolah dan pendampingan pelaksanaan program literasi. Adapun program yang disusun bersama antara lain Kejar Calistung, Bausastra, Kunjungan Perpustakaan, Adaptasi Teknologi dan Go Green. Hasil yang diperoleh melalui penerapan program ini yaitu meningkatnya kemampuan membaca dan menulis siswa, bertambahnya kosakata baru dalam tiga bahasa setiap hari, terciptanya kebiasaan dan kecintaan terhadap buku, mengenal teknologi serta kepedulian terhadap lingkungan.

Referensi

Clay, M. M. (2001). Change Over Time in Children’s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.

Ferguson, B. Information Literacy. A Primer for Teachers, Librarians, and other Informed People. www.bibliotech.us/ pdfs/InfoLit.pdf

Fitria W, dkk. (2021). Penyusunan Program Sekolah Literasi SD/MI Di Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Jurnal ABDINUS, 4 (2), 293-305. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.14327

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mahbudin. (2024). Menyikapi Penurunan Skor PISA 2022 dalam Literasi Membaca Indonesia: Langkah-Langkah Perbaikan yang Dapat Dilakukan. Tersedia Online: https://dpk.bantenprov.go.id/berita/menyikapi-penurunan-skor-pisa-2022-dalam-literasi-membaca-indonesia-langkah-langkah-perbaikan-yang-dapat-dilakukan#:~:text=PISA%20bertujuan%20untuk%20mengukur%20kompetensi,OECD%20serta%2044%20negara%20mitra. [25 September 2024]

Nurcholis S, dkk. (2022). Pemanfaatan Pojok Literasi Sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah Dasar Negeri 3 Bandungrejo. Jurnal ABDIKAN, 1(2), 160-164. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.274

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alvabeta, cv

Teguh, Mulyo. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 18-26

Wirastiwi, Wendri. (2017). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230-238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4574

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##