PELATIHAN PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID TERINTEGRASI CANVA PRO UNTUK PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMPN 5 TEJAKULA

Penulis

  • Ajeng Purnama Heny Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ina Yuliana
  • Yuliastuti Yuliastuti

Kata Kunci:

canva, belajar.id, pembelajaran inovatif

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait pemanfaatan akun belajar.id terhadap layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik serta meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif menggunakan platform canva for education sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 kali yakni pelatihan pertama merupakan kegiatan pendampingan offline dengan pemaparan materi dan pembuatan media inovatif, dan pelatihan kedua kegiatan online pendampingan sebagai kolaborator canva pro. Hasil kegiatan ini menunjukkan nilai sangat baik dengan hasil pada pada kategori kejelasan materi 95,38, kaetgori manfaat pelatihan sebesar 96,92 dan kategori umpan balik sebesar 95.84. Kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman terkait pemanfaatakan akun belajar.id terhadap layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik serta dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran yang inovatif menggunakan platform canva for education sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Referensi

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin. https://doi.org/10.4324/9780203519196

Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412-1417.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Peserta didik. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF. 9(1): 34-42.

Roussev, B. (2003). Teaching introduction to programming as part of the IS component of the business curriculum. Proceedings of the InSITE 2003 Conference, 1353-1360. https://doi.org/10.28945/2714

Sugiati. (2021). Implementasi Kurikulum Berbasis IT dalam Sekolah di masa Pandemi Covid-19. Journal on Education, 4(1), 102–113. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.408

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1 (1).

Yanez, C., Okada, A., dan Palau, R. (2015). New learning scenarios for the 21 st century related to Education, Culture, and Technology. Universities and Knowledge Society Journal, 12(2), 87-102. https://doi.org/10.7238/rusc.v12i2.2454

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##