MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU-GURU SDN GUGUS 2 BANJARANGKAN MELALUI PELATIHAN MODUL AJAR

Penulis

  • Ni Ketut Rapi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra
  • Putu Widiarini Undiksha

Kata Kunci:

pelatihan, modul ajar

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang Modul Ajar bagi guru-guru SDN gugus 2 di kecamatan Banjarangkan. Masyarakat sasaran kegiatan ini adalah guru-guru SDN gugus 2 Banjarangkan sebanyak 20 orang. Metode kegiatan dilakukan dengan memberikan ceramah, tanya jawab, pelatihan meyusum Modul Ajar, dan pendampingan. Kegiatan bertempat di SDN 2 kecamatan Banjarangkan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik. Kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta tentang modul ajar. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata yang dicapai peserta 86,2 dengan kategori sangat baik. Respon peserta sangat positif dan sangat antusias mengikuti pelatihan. Para peserta sangat mengharapkan kegiatan ini berkelanjutan.

Referensi

Abubakar, A. (2020). Penyelenggaraan Diklat Guru Mata Pelajaran Madrasah di Sulawesi Tenggara. Educandum, 6(1),89–105.https://doi.org/10.31969/ educandum.v 6i1.331

Ambarita, J., & Siahaya, A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Multimedia Interaktif. Jurnal Leecom, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37715 /leecom.v2i2.1595

Departemen Pendidikan Nasioanal dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2007. Panduan Penyusunan Fortofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan Guru Tahun2007

Faridahtul, J. & Thooriq, I. F, (2023), Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik, Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU), Vol. 3 No. 1, hal. 131-143, DOI: https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2099.

Fatimatul, K., Syaiful, H., dan Nourma Y., (2022), Pendampingan Penyusunan Modul Ajar untuk Guru PAUD dI Kabupaten Gresik, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5, No. 6, DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2082-2091

Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guideto Classroom Research. 2th ed. Buckingham: Open University Press.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (L. Muliastuti,ed.). Jakarta: Kemendikbud.

Kompas.com. (2019). Naskah pidato sesuai pengucapan Presiden Joko Widodo di depan Sidang Paripurna MPR RI. Kompas.Com. https://jeo.kompas.com/naskah- lengkap-pidato-presiden-joko-widodo- dalam-pelantikan-periode-2019-2024

Mahanal, S. (2017). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(September 2017), 1–16.

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107– 117.

Tritularsih, Y., & Sutopo, W. (2017). Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Yang Inovatif, Adaptif, Dan Kolaboratif. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-92.

Mustamiroh, Arafah, A.A., (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat. 4(2), 157-165. https://ojs.unm.ac.id/pengabdi/article/view/56403/25039

Nuraini, L. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/j mtk/article/view/4143

Novi, E. N, Edi, H. M., dan Aini, L., (2023), Analisis Kesulitan Guru dalam Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka, Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 7, No. 2, DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v7i2.63929

Usman,U.M. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Utami, M. (2022), Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka, TARBAWI, Vol. 5, No. 2, DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Yusnaini, & Slamet, (2019), Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan, 364–370.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##