PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENDESAIN LOGO DENGAN ADOBE ILLUSTRATOR DI SMK NEGERI 2 SERIRIT

Penulis

  • Elly Herliyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Sri Witari Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

SMK Negeri 2 Seririt, Adobe Illustrator, logo

Abstrak

SMK dirancang untuk mempersiapkan lulusannya agar siap bekerja di bidang tertentu sesuai dengan keahlian yang dipelajari dan diharapkan dapat langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Oleh sebab itu setelah observasi ke lokasi, maka salah satu ilmu yang bisa dijadikan keahlian untuk siswa adalah mendesain logo dengan software Adobe Illustrator. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan keterampilan menggunakan tools dan mendesain logo dengan Adobe Illustrator, serta menghasilkan karya berupa logo. Pelatihan dan pendampingan sudah dilakukan selama 3 hari secara luring dengan metode demonstrasi ke SMK Negeri 2 Seririt. Peserta pelatihan dan pendampingan berjumlah 27 (duapuluh tujuh) peserta terdiri dari 7 (tujuh) orang Guru, 1 (satu) staf laboran, dan 19 (sembilanbelas) orang Siswa SMK Negeri 2 Seririt. Karya pelatihan sudah dikumpulkan berupa logo dengan hasil yang baik.

Referensi

Aziz, M. N. A., Shuib, A. S. M., Rahaman, A. A., Abdullah, A., & Fuad, I. N. F. M. (2022). Design Thinking Method: A Case Study of Tourism Logo Development for Perak Tengah District Council. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i9/14579

Da’on, I. A., & Hendri, Z. (2023). Pengembangan identitas visual brand Wavymilk di Sukabumi. Sungging: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain Dan Pembelajarannya, 2(1), 50–66. https://doi.org/10.21831/sungging.v2i1.60553

Desrianti, D., Santoso, S., & Adiputra, F. (2022). Redesign Corporate Identity Guna Peningkatan Image Perusahaan Pada PT Yugi Indonesia. CICES (Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science), 8(1 SE-Articles). https://doi.org/https://doi.org/10.33050/cices.v8i1.2132

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.

Hasibuan, L. (2023). 15 Jurusan SMK yang Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230718092305-33-455230/15-jurusan-smk-yang-lulusannya-banyak-dicari-perusahaan

Hiswara, A., & Achmad, N. (2022). Pelatihan Desain Grafis bagi Siswa SMK Global Persada Mandiri Bekasi. Journal Of Computer Science Contributions (JUCOSCO). https://doi.org/10.31599/jucosco.v2i1.936

Jia, X., Dong, Y., & Wang, B. (2022). Logo Design Process and Method of Intellectual Property Big Data in the Digital Media Era. Discrete Dynamics in Nature and Society. https://doi.org/10.1155/2022/2556365

Lélis, C., Leitão, S., Mealha, Ó., & Dunning, B. (2020). Typography: the constant vector of dynamic logos. Visual Communication, 21, 146–170. https://doi.org/10.1177/1470357220966775

Lubis, B. S., Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Batubara, I. H. (2022). Pemanfaatan Adobe Illustrator (AI) sebagai Aplikasi Desain Bahan Ajar Berbasis Komik. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 624 – 635. https://doi.org/10.30651/aks.v6i4.9851

Marpaung, E. A. P., Mawaddah, M., & Sari, I. M. (2023). Edukasi Keterampilan Adobe Illustrator pada SMA Swasta Cahaya Medan. Community Development Journal, 4(2), 4484–4488. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15871

Marshita, M., & Nabillah, V. (2021). Redesign and Analysis of Logo in Campus Publishing Business as Corporate Identity. JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING. https://doi.org/10.30871/jamn.v5i1.2180

Mohamed, K., & Adiloǧlu, F. (2023). Analyzing the Role of Gestalt Elements and Design Principles in Logo and Branding. International Journal of Communication and Media Science. https://doi.org/10.14445/2349641x/ijcms-v10i2p104

Rahmawati, I. (2021). Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Implementasi Pembelajaran Bagi SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Gunungkidul. 470–480. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10757

Siyanbola, A., & Adeyemi, A. O. (2021). An Assessment of the Visual Appropriateness of Selected Brand Logos. Exchanges: The Interdisciplinary Research Journal. https://doi.org/10.31273/eirj.v9i1.800

Solomon, C., Harvey, B., Kahn, K., Lieberman, H., Miller, M. L., Minsky, M., Papert, A., & Silverman, B. (2020). History of Logo. Proceedings of the ACM on Programming Languages, 4, 1–66. https://doi.org/10.1145/3386329

Tian, N., Liu, Y., Sun, Z., & Liu, X. (2022). Clustering- and Transformer-Based Networks for the Style Analysis of Logo Images. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/2090712

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##