EFEKTIVITAS GAMMA APP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR

Penulis

  • I Made Dendi Maysanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Arna Jude Saskara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Yudia Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dhanu Driya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Teguh Dermawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

media pembelajaran, gamma app, pelatihan guru, teknologi pembelajaran, student engagement

Abstrak

Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Gamma App bagi guru-guru SMA Negeri Bali Mandara bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran interaktif. Pelatihan ini melibatkan 31 peserta, dengan menggunakan metode partisipatif yang terdiri dari pemaparan materi, praktik langsung, dan evaluasi. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan, di mana nilai rata-rata peserta meningkat dari 67,74 menjadi 92,26. Selain itu, survei persepsi menunjukkan tanggapan yang sangat positif, dengan rata-rata 4,48 pada skala Likert, yang mencerminkan kepuasan guru terhadap penggunaan Gamma App dalam pembuatan media pembelajaran. Gamma App dinilai efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa (student engagement) selama proses belajar mengajar. Meskipun demikian, beberapa kendala teknis seperti akses internet dan keterampilan digital masih perlu diperhatikan dalam pelatihan selanjutnya. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil mencapai tujuannya dan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Negeri Bali Mandara.

Referensi

Asfira, N., Narius, D., & Introduction, A. (2017). Journal of English Language Teaching The Quality of Powerpoint Slides Made by English Department Students of Padang State University in. 6(1).

Bebasari, M., Jamna, J., & Marsidi, S. (2022). 21 st CENTURY EDUCATION. 4(1), 1–7.

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3(May), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Kurniawan, M. S. (2022). The Role of Information Technology in Improving the Effectiveness of Education Management. Journal on Education, 04(04), 1658–1665.

León, S. P., & García-Martínez, I. (2021). Impact of the provision of PowerPoint slides on learning. Computers and Education, 173(January). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104283

Rabani, S., Khairat, A., Guilin, X., & Jiao, D. (2023). The Role Of Technology In Indonesian Education At Present. Journal of Computer Science Advancements, 1(2), 85–91. https://doi.org/10.55849/jsca.v1i1.403

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##