MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MELALUI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DI GUGUS I BULELENG
Kata Kunci:
etnomatematika, literasi numerasi, pelatihan guru, budaya lokal, pendidikan dasarAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pelatihan dan pendampingan guru dalam pembelajaran berbasis etnomatematika di Gugus I Kecamatan Buleleng. Etnomatematika mengintegrasikan konsep matematika dengan budaya lokal, yang diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih relevan, kontekstual, dan menarik bagi siswa. Program ini terdiri dari dua tahap utama, yaitu pelatihan yang memberikan pengetahuan mengenai konsep etnomatematika dan pendampingan penerapannya dalam pembelajaran. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis budaya lokal dan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa melalui penggunaan konteks budaya dalam pembelajaran matematika. Selain itu, program ini juga berkontribusi pada pelestarian budaya lokal serta penguatan identitas budaya di kalangan siswa. Dengan model pembelajaran berbasis etnomatematika yang kontekstual dan relevan, program ini diharapkan dapat berkelanjutan dan diadopsi di sekolah-sekolah lain.
Referensi
Agustin, S., & Cahyono, B. E. H. (2017). Gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan budaya baca di SMA Negeri 1 Geger. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(2), 55–62. https://doi.org/10.25273/linguista.v1i2.1973
Fikri, M., Zaki Ananda, M., Faizah, N., Rahmani, R., & Adelia Elian, S. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development , 9(1), 144–150.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3411
Hikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895
Irving, K. E. (2006). The impact of technology on the 21st century. Teaching Science in the 21st Century, March 1981, 3–19.
Klarita, E. N., & Syafi’ah, R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 262. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.8122
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 568–574.
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19
Musliha, & Revita, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Regulated Learning Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(1), 68–82. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.68-82
Ranting, N. W., & Citra Wibawa, I. M. (2022). Media Komik Digital pada Topik Sumber Energi. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47743
Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Technology (ICT) Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.
Rodin, R., & Nurrizqi, A. D. (2020). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka, 12(1), 72–89. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i1.1935
Shomiyatun, S. (2018). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 148–172. https://doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41
Siroj, H. A., H., W. A., & N, K. B. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 1 Dasan Tapen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1049–1057. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.668
Suantiani, N. M. A., & Wiarta, I. W. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 64–71. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45455
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.