PELATIHAN PEMANFAATAN GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU-GURUSMA NEGERI 2 SINGARAJA

Penulis

  • I Gede Mahendra Darmawiguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Agus Wirawan
  • I Nyoman Putu Suwindra

Kata Kunci:

Generative AI, Artificial Intelligence, Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Pelatihan Guru, Inovasi Pendidikan

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru di SMA Negeri 2 Singaraja dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI), khususnya Generative AI, dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka. Dalam kegiatan ini, para guru dibekali pengetahuan teoretis dan keterampilan praktis mengenai penggunaan AI untuk meningkatkan efektivitas dan personalisasi pembelajaran. Kegiatan ini melibatkan observasi awal, persiapan modul workshop, pelaksanaan pelatihan interaktif, serta sesi pendampingan individu. Sebanyak 70 peserta mengikuti kegiatan ini, yang melebihi target awal 30 peserta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa guru-guru lebih percaya diri dalam menggunakan Generative AI dan berhasil mengembangkan modul ajar serta media pembelajaran berbasis AI. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi guru-guru di SMA Negeri 2 Singaraja untuk memimpin inovasi pendidikan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi AI dalam pembelajaran.

Referensi

Barrett, A., & Pack, A. (2023). Not quite eye to A.I.: Student and teacher perspectives on the use of generative artificial intelligence in the writing process. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00427-0

Hwang, G. J., & Chang, C. Y. (2021). Facilitating deep learning in the era of artificial intelligence: A generative AI-based learning approach for developing educational materials. Journal of Educational Technology & Society, 24(3), 1-10. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10007-4

Kim, S., & Kim, H. (2023). Creating educational content using generative AI: Implications for personalized learning environments. Computers & Education: Artificial Intelligence, 4, 100065. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100065

Nguyen, D. H., & Pham, T. H. (2022). Developing interactive learning modules using Generative AI: A case study in higher education. Educational Media International, 59(4), 259-272. https://doi.org/10.1080/09523987.2022.2048886

Sheehan, T. (2023, September 11). Generative AI in Education: Past, Present, and Future. EDUCAUSE Review. Retrieved April 11, 2024, from https://er.educause.edu/articles/sponsored/2023/9/generative-ai-in-education-past-present-and-future

Sun, Y., & Han, Z. (2023). Enhancing teacher support with AI-generated instructional materials: Exploring applications in personalized learning. AI in Education: Advances and Applications, 18(1), 15-28. https://doi.org/10.1016/j.aiea.2023.101025

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##