PENGUATAN LITERASI INFORMASI GENERASI MUDA MELALUI GERAKAN LITERASI MASYARAKAT (GLM) DI DESA PEGAYAMAN, SUKASADA, BULELENG, BALI
Abstrak
Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatar-belakangi analisis situasi yang menunjukkan: (1) posisi geografis, budaya, tradisi dan sejarah, membuat Desa Pegayaman memiliki potensi pengembangan akademik dan potensi pariwisata; (2) generasi muda Desa Pegayaman tertarik menekuni pekerjaan di bidang pariwisata; (3) generasi muda yang berminat bekerja di bidang pariwisata memiliki keterbatasan, antara lain literasi informasi yang sangat terbatas. Berdasarkan analisis situasi ini, kegiatan pengabdian difokuskan pada gerakan penguatan literasi informasi berbasis literasi sejarah dan pemertahanan kebudayaan serta tradisi Desa Pegayaman. Sasaran kegiatan adalah generasi muda dan aparat desa. Metode yang digunakan adalah: (1) pemberian informasi tentang sejarah dan identitas budaya dan penguatan sikap inklusi sosial; dan (2) pelatihan penguatan literasi informasi. Hasil kegiatan menunjukkan: (1) kegiatan penguatan literasi informasi berjalan dengan baik, tujuan kegiatan tercapai sesuai yang diharapkan; (2) peserta pelatihan memiliki kemampuan literasi dasar yang baik, terutama berkaitan dengan identitas etnik dan nilai-nilai yang diajarkan orang tua tentang pemertahanan budaya.
Referensi
Hidayah, L., & Widodo, G. S. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Literasi Nasional. (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan …, (23), 193–196. Retrieved from https://fip.unesa.ac.id/fip-ppti/public/proceeding/index.php/webinar2020/article/view/81/52
Muslim, B. (2017). PUSTAKAWAN DAN PERANNYA DALAM LITERASI INFORMASI. Jurnal Imam Bonjol, 1(2), 142–149.
Oktami, I., & Pangesti, N. R. (2023). Meningkatkan Kualitas Literasi Masyarakat Kelurahan Air Tawar Barat dengan Penerapan E-Library. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 11(02), 72–79.
Oktariani, & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis The Role of Literacy in the Development of Critical Thinking Abilitie. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1(1), 23–33.
Rahmadini, G. (2020). KONTRIBUSI DUTA BACA TERHADAP PENINGKATAN CITRA PERPUSTAKAAN: (Studi Deskriptif di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat) (Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Retrieved from http://repository.upi.edu/53221/
Sukiyanto, S., Mufidah, E., Maulidah, T., & Nisa’, R. (2021). Pendampingan Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4250
Supatmo, S. (2021). Meneguhkan Literasi Multikultural Melalui Pendidikan Seni : Perspektif dan Urgensi Pembelajaran Seni Budaya Abad 21 di Sekolah. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 32–38. Semarang.
Rojani. 2023. Inflasi Beras dan Kemiskinan. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/10/12/inflasi-beras-dan-kemiskinan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.