PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN E-BOOK LATIHAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LITERASI NUMERASI DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG

Penulis

  • Purnama Bestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Oka Riawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Novita Puspa Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Asesmen Kompetensi Minimun, Literasi, Numerasi, Gugus VIII Kecamatan Buleleng

Abstrak

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu test yang menekankan kepada kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta merupakan tipe penilaian autentik yang menyajikan konteks masalah beragam untuk dapat dipecahkan oleh peserta didik memakai kompetensi literasi membaca dan literasi matematis (numerasi). Hasil analisis situasi di 7 sekolah di gugus VIII Kecamatan Buleleng, 3 sekolah menjadi sasaran kampus mengajar sebagai indikator raport pendidikan di sekolah tersebut masih tergolong rendah khususnya pada nilai literasi dan numerasi. Sekolah pada gugus tersebut sudah melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan literasi dan numerasi misalnya mengirimkan guru mengikuti pelatihan, mengajak siswa untuk meningkatkan minat baca, mengoptimalisasi perpustakaan, namun belum menunjukkan hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdi sebelumnya di kegiatan kampus mengajar dan pengabdian masyarakat tahun 2023, untuk meningkatkan nilai AKM, siswa perlu dilakukan pembiasaan untuk mengerjakan soal AKM. Pembiasaan latihan soal dipengaruhi oleh kemampuan guru untuk mengembangkan soal AKM. Pengabdian kepada Masyarakat 2024 dilakukan di Gugus VIII Kecamatan Buleleng menyasar guru – guru di 7 sekolah, yaitu guru kelas 3 hingga kelas 6. Pengabdian Masyararakat memperoleh hasil evaluasi untuk pengetahuan guru tentang soal latihan AKM sebesar 92.8%, kemampuan penyusunan soal latihan numerasi sebesar 83.4% dan kemampuan penyusunan literasi sebesar 84%, serta hasil survey terhadap 30 orang responden diperoleh hasil sebanyak 71.4% sangat setuju dan 28.6% setuju jika kegiatan pengabdian bermanfaat.

Referensi

Agustin, T., & Mayasari, N. (2022). Pengaruh Model Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas Xi Tkr Smkn 3 Bojonegoro. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science) e-ISSN, 1(2), 2829–3363. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2519

Anifaruzki Amalia, Rusdi, K. (2021). Pengembangan Soal Matematika Bermuatan HOTS Setara PISA Berkonteks Pancasila. 05(01), 1–19. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/386

Bestari, I. A. P., Riawan, I. M. O., Winata, I. G. K. A. (2023). Pengembangan Soal Latihan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Gugus IV Kecamatan Banjar Buleleng. Proceeding Senadimas Undiksha 2023.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2020). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02): 1439–1448.

Deviana, T., & Aini, D. F. N. (2022). Learning Progression Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Basicedu, 6 (1): 1285–1296.

Dewi, E. R., Syamsul, H. R., Kustiarini, & Pratiwi, R. H. (2023). Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis AKM Literasi Numerasi bagi Guru MI. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5 (1); 204 – 2011.

Elina, Maimunah, & Roza, Y. (2022). Analysis of the Ability of SMP/MTs Mathematics Teachers in Making AKM Type Questions. Jurnal Gantang, 7(1): 47–57.

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4): 1550–1558.

Han, W., Dicky, S., Sofie, D., Putri, P., Nur, H., Miftahussururi, Meyda, N. N., & Qori, S. A. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasna, Nadia, S., Risris, H. N. (2023). Penguatan literasi siswa tentang soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di MI Luqman Al-Hakim Slawi. Dedicated: Journal of Community Services (Pengabdian kepada Masyarakat), 1 (1): 105 – 116

Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2021). Pendampingan Guru Mengembangkan Mengembangkan Asesment Kompetensi Minimum (Akm) Berorientasi Pisa Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran Di Sekolah Dasar Wilayah Kabupaten Bogor. Jurnal Abadimas Adi Buana, 5(01): 90–99.

Indahri, Y. (2021). Asesmen Nasional sebagai Pilihan Evaluasi Sistem Pendidikan Nasional. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 195–215.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kristianti, T. L., Yusuf, Y., & Handini, O. (2020). Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Sinektik, 3(2), 197–210.

Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Persfektif Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2021, pp. 159–165). https://doi.org/10.34007/ ppd.v1i1.185

Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2): 110–116.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

PISA. (2015). PISA 2015 Draft Reading Literacy Framework. OECD Publishing.

Pusat Asesmen Pembelajaran. (2020). DESAIN PENGEMBANGAN SOAL AKM. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusmenjar. (2021). 2021 Framework AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Literasi Membaca dan Literasi Matematika – Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sakarinto, Wikan. (2022). Sinergi dan Kolaborasi dalam Revitalisasi dan Transformasi Pendidikan Vokasi, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Shidiq, A. S., Sri, Y., Mohammad, M., Maria, U., Bakti, M. 2022. Penguatan Kemampuan Guru-Guru Kimia SMA di Surakarta dalam Menyiapkan Instrumen AKM Literasi Membaca dan Numerasi berbasis Sains Kimia. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, (4): 1402 – 1407.

Sudaryanto, Wahyu, W., Risza, A. 2020. Konsep Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kobe: Jurnal Bahasa, 9 (2): 78 – 93.

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Zukhrufurrohmah, Z., & Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan pengembangan instrumen berciri literasi numerasi dalam menyiapkan AKM pada guru SD. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249-260.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##