PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU-GURU TAMAN KANAK-KANAK TENTANG MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK
Kata Kunci:
kindergarten, concept understanding, community service, project-based learning model, Community Based Tourism, Pelatihan Bahasa Inggris, Pariwisata, Desa Les, Pokdarwis Segara GunungAbstrak
Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah guru-guru Taman Kanak-Kanak Laksamana Singaraja (TK-LS), Taman Kanak-Kanak Shanti Kumara (TK-SK), dan Taman Kanak-Kanak Dewi Kumara (TK-DK) yang kesemuanya berjumlah enam orang. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah pemahaman mitra tentang konsep model pembelajaran berbasis proyek (MPjBL) masih rendah. Oleh karena itu, kegiatan PkM yang dilakukan adalah dengan memberikan pembekalan materi tentang konsep MPjBL kepada mitra. Peningkatan pemahaman mitra tentang konsep MPjBl diukur dengan skala penilaian diri. Data yang diperoleh berupa skor pemahaman mitra tentang konsep MPjBL yang dianalisis dengan menghitung n-gain ternormalisasi. Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman mitra tentang konsep MPjBL sebesar 72%, dan termasuk peningkatan dalam kategori tinggi. Kegiatan PkM ini berkonstribusi dalam peningkatan salah satu kompetensi guru-guru TK, yaitu kompetensi pedagogi.
Referensi
Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2021). E-Modul IPA dengan model STEM-PjBL berorientasi pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120–133. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1
Anggraini, S. P., Armanila, Nasution, F. S., Maghfirah, & Yanti Siregar, E. (2023). Analisis kebutuhan kompetensi kepala sekolah dalam mengelola administrasi pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(9), 793–803.
Bragg, L. A., Walsh, C., & Heyeres, M. (2021). Successful design and delivery of online professional development for teachers: A systematic review of the literature. Computers & Education, 166, 104158. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104158
Fernández-Batanero, J. M., Montenegro-Rueda, M., Fernández-Cerero, J., & García-Martínez, I. (2022). Digital competences for teacher professional development. Systematic review. European Journal of Teacher Education, 45(4), 513–531. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1827389
Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
Irhamna, S. P. (2022). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter anak usia dini di PAUD Nurul Ikhlasna,. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77.
Istandar, P. T. (2022). Menyelaraskan pendidikan akademis dan moral dalam membangun masyarakat berkarakter unggul. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 71–83. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.881
Kłeczek, R., Hajdas, M., & Wrona, S. (2020). Wicked problems and project-based learning: Value-in-use approach. The International Journal of Management Education, 18(1), 100324. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100324
Pande, M., & Bharathi, S. V. (2020). Theoretical foundations of design thinking–A constructivism learning approach to design thinking. Thinking Skills and Creativity, 36, 100637.
Saad, A., & Zainudin, S. (2022). A review of project-based learning (PBL) and computational thinking (CT) in teaching and learning. Learning and Motivation, 78, 101802. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2022.101802
Sancar, R., Atal, D., & Deryakulu, D. (2021). A new framework for teachers’ professional development. Teaching and Teacher Education, 101, 103305.
Setiyadi, M. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., Suma, K., & Suardana, N. (2024). Meta-analysis: The effect of project-based learning on science process skills. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 10(1), 52–62. https://doi.org/10.18860/preschool.v4i1.18016
Suradika, A., Dewi, H. I., & Nasution, M. I. (2023). Project-based learning and problem-based learning models in critical and creative students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 153–167. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.39713
Tanjung, N., Adawiyah, H., Nurfadilah, S., & Puta, A. (2023). Peran guru dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada anak usia dini di TK. At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 28–41.
Tumbel, M. E. (2023). Analisis proses pembelajaran pada peserta didik di TK Frater Don Bosco Tomohon. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 921–934.
Voon, X. P., Wong, L. H., Looi, C. K., & Chen, W. (2020). Constructivism‐informed variation theory lesson designs in enriching and elevating science learning: Case studies of seamless learning design. Journal of Research in Science Teaching, 57(10), 1531–1553. https://doi.org/10.1002/tea.21624
Wahyuni, A. S., Redhana, I. W., & Tika, I. N. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824
Wang, X.-M., Yu, X.-H., Hwang, G.-J., & Hu, Q.-N. (2023). An online progressive peer assessment approach to project-based learning: A constructivist perspective. Educational Technology Research and Development, 71(5), 2073–2101. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10257-6
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222
Yanti, N. L. I. M., Redhana, W., & Suastra, W. (2023). Multiple scaffolding STEAM project-based learning model in science learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6493–6502. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4470
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.