PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN WORDWALL BAGI GURU SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
pelatihan, pendampingan, game edukasi, wordwallAbstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan antara potensi teknologi dan penerapannya dalam konteks pendidikan dasar. Melalui pelatihan dan pendampingan yang terarah, diharapkan para guru dapat memanfaatkan platform Wordwall secara optimal dalam mendukung pembelajaran literasi digital bagi siswa. Pengabdian ini memiliki urgensi yang tinggi mengingat selama ini dalam proses pembelajaran guru belum optimal menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun tahapan kegiatan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap perencanaan yang meliputi persiapan bahan pelatihan serta penjadwalan, kemudian dilanjutkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara luring sebanyak dua kali. Setelah itu dilakukan tahap pendampingan, dan evaluasi. Adapun hasil evaluasi dari kegiatan ini masuk kategori sangat memuaskan berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan kepada peserta pelatihan.
Referensi
Fuada, S., Ichsan, I. N., Putra Pratama, H., Indriati, D., Putri, H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). Workshop Internet-Of-Things Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS
Kharizmi, M. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Ragam :Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 103–108.
Pramudyo, G. N. (2023). Literasi Web: Definisi, Keterampilan dan Konteksnya di Indonesia. Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 345–354.
Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index
Rengganis, M., & Subekti, E. E. (2024). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. Journal of Elementary Education, 7(2), 274–281.
Syarifatunnisa, A. (2023). Development of Wordwall Media on Learning to Compare Object Weight in Grade 1 Elementary School. Indonesian Journal of Primary Education, 7(2), 197–208. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.