PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN WORDWALL BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Eka Damayanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Surya Mahendra Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

pelatihan, pendampingan, game edukasi, wordwall

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan antara potensi teknologi dan penerapannya dalam konteks pendidikan dasar. Melalui pelatihan dan pendampingan yang terarah, diharapkan para guru dapat memanfaatkan platform Wordwall secara optimal dalam mendukung pembelajaran literasi digital bagi siswa. Pengabdian ini memiliki urgensi yang tinggi mengingat selama ini dalam proses pembelajaran guru belum optimal menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun tahapan kegiatan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap perencanaan yang meliputi persiapan bahan pelatihan serta penjadwalan, kemudian dilanjutkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara luring sebanyak dua kali. Setelah itu dilakukan tahap pendampingan, dan evaluasi. Adapun hasil evaluasi dari kegiatan ini masuk kategori sangat memuaskan berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan kepada peserta pelatihan.

Referensi

Fuada, S., Ichsan, I. N., Putra Pratama, H., Indriati, D., Putri, H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). Workshop Internet-Of-Things Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Di Purwakarta, Jawa Barat, Guna Menunjang Kompetensi Era Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Kharizmi, M. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Ragam :Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 103–108.

Pramudyo, G. N. (2023). Literasi Web: Definisi, Keterampilan dan Konteksnya di Indonesia. Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 345–354.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Rengganis, M., & Subekti, E. E. (2024). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. Journal of Elementary Education, 7(2), 274–281.

Syarifatunnisa, A. (2023). Development of Wordwall Media on Learning to Compare Object Weight in Grade 1 Elementary School. Indonesian Journal of Primary Education, 7(2), 197–208. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##