PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO INTERAKTIF BAGI TUTOR DAN PAMONG BELAJAR DI SKB BULELENG
Kata Kunci:
video interaktif, Profesionalisme tutor dan pamong belajar, SPNF-SKP Kabupaten BulelengAbstrak
Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien bagi siswa, idealnya pendidik (tutor dan pamong belajar) harus mampu menciptakan pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa dan perkembangan jaman. Namun, permasalahan pendidik di SKB Buleleng adalah masih terbatasnya kemampuan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Untuk itu, dilakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan video interaktif dengan khalayak sasaran adalah tutor dan pamong belajar di SKB Buleleng. Kegiatan ini bertujuan menguatkan kemampuan dan keterampilan pendidik dalam menghasilkan media pembelajaran digital. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan ini, sebanyak 85% peserta menghadiri kegiatan. Berdasarkan produk yang dihasilkan peserta, 53% karya berkualitas sangat baik dan 47% berkualitas baik. Berdasarkan keterlibatan peserta, sebesar 47% peserta terlibat dengan baik, 53% sangat baik. Berdasarkan hal ini, maka kegiatan PkM dinyatakan berjalan dengan baik. Para peserta kegiatan ini diharapkan senantiasa memperdalam keterampilannya sehingga mampu menghasilkan produk yang baik untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di SKB Buleleng.
Referensi
Anyan, A., & Setyawan, A. E. (2022). Keefektifan Video Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Pada Masa Pandemi Covid-19. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 140–148. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1574
Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319
Assyifa, F. N., Rohita, & Nurfadilah. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Mengenal Warna Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 137–146. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.5
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139
Kurniyawati, S. U., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gawai Pada Pembelajaran PPKn Kelas 3 SD/ MI Di Masa Pandemi COVID-19. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 159. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.7099
Laura, S. D., & Sujana, I. W. (2022). Video Interaktif Berbasis Problem Solving sebagai Media Pembelajaran Unik bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46600
Mitrovic, A., Gordon, M., Piotrkowicz, A., & Dimitrova, V. (2019). Investigating the Effect of Adding Nudges to Increase Engagement in Active Video Watching. 320–332. https://doi.org/10.1007/978-3-030-23204-7_27
Nugroho, I. A., & Surjono, H. D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video materi sikap cinta tanah air dan peduli lingkungan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.15911
Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i1.841
Rahmawati, T. A., Supardi, Z. A. I., & Hariyono, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dengan Model POE (Predict Observe Explain) untuk Melatihkan Keterampilan Proses IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1232–1242. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2267
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605
Riayah, S., & Fakhriyana, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 19. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10147
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pengembangan pendidikan dengan ADDIE model.
Wiyono, K. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis ICT Pada Impelentasi Kurikulum 2013. Jurnal Inopvasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123–131.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.