PELATIHAN DAN PEMANFAATAN GENERATIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK GURU SMK N 1 BUSUNGBIU
Kata Kunci:
artificial intelligence, generative AI, kompetensi guruAbstrak
Perkembangan revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) dengan literasi digital yang memadai. Literasi digital tidak hanya mencakup pengetahuan teknis, tetapi juga kemampuan berpikir kritis, memilah informasi, dan beradaptasi di era digital. Generative AI, seperti ChatGPT dan Google Magenta, dapat mendukung proses pembelajaran dengan menciptakan materi pembelajaran yang inovatif.. Pemanfaatan generative AI menjadi solusi yang potensial untuk menanggulangi masalah ini. Kegiatan pengabdian masyarakat yang diajukan adalah "Peningkatan Literasi Digital Guru-Guru SMK N 1 Busungbiu dengan Pemanfaatan Teknologi Berbasis Generative Artificial Intelligence (AI)." Tujuan utamanya adalah agar guru memahami perkembangan teknologi generative AI dan mampu mengaplikasikannya dalam kegiatan akademik. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru-guru tentang pemanfaatan generatif AI untuk mempersiapkan materi ajar. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat memberikan empat materi utama. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, kegiatan pengabdian ini dirasa bermanfaat dan perlu dilaksakan kembali.
Referensi
Akhyar, M., Zakir, S., Aulia Gusli, R., & Fuad Universitas Islam Negeri Syaikh Djamil Djambek Bukittinggi, R. M. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI dalam penulisan tugas mahasiswa pascasarjana. Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 219–228. doi:10.32832/idarah.v4i2.15435
Aksenta, A., Irmawati, Hayati, N., Sepriano, Herlinah, Silalahi, A. T., … Ginting, T. W. (2023). LITERASI DIGITAL: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. Perspektif (Vol. 1).
Cholissodin, I., Syauqy, D., Firmanda, D. A., Aji, I., Rahman, E., Harahap, S., & Septino, F. (2022). Pengembangan Auto-AI Model Generatif Analisis Kompleksitas Waktu Algoritma Untuk Data Multi-Sensor IoT Pada Node-RED Menggunakan Extreme Learning Machine. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(7), 1349. doi:10.25126/jtiik.2022976738
Liliana, D. Y., Nalawati, R. E., Warsuta, B., & Sugiyanto. (2023). Kajian pemanfaatan teknologi artificial intelligence generatif dalam aktivitas akademik di Politeknik Negeri Jakarta [Study on the utilization of generative artificial intelligence technology in academic activities academic activities at Politeknik Negeri. In Sniv: Seminar Nasional Inovasi Vokasi (Vol. 2, p. 524).
Muhammad Yahya, Wahyudi, & Akmal Hidayat. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Dies Natalis 62 (Vol. 1, pp. 190–199). doi:10.59562/semnasdies.v1i1.794
Muttaqin, Arafa, M., Jaya, A. K., Suryawan, M. A., Gustiana, Z., Banjarnahor, A. R., … Fajrillah. (2018). Implementasi AI Dalam Kehidupan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3).
Romadon, M., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multikultural di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 490–497. doi:10.31004/basicedu.v5i2.734
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. doi:10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Trialdi, L., & Kusumastuti, R. D. (2023). ChatGPT: Tantangan Pendidikan Tinggi pada Era Digital. CENTER FOR EDUCATION AND LEARNING IN ECONOMICS AND BUSINESS (CELEB) FEB UI.
Windiarti, I. S., Bahri, S., & Prabowo, A. (2023). Melangkah Maju dengan Teknologi Generative AI: Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SMP di Kota Palangkaraya. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46–52. doi:10.38043/parta.v4i1.4344
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.