PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA KARYA WISATA SINGARAJA
Kata Kunci:
kompetensi, guru, penelitian tindakanAbstrak
Tujuan utama dari peningkatan kompetensi ini adalah untuk meningkatkan wawasan guru-guru SMA Karya Wisata Singaraja dalam penelitian tindakan kelas. Pelatihan dan pendampingan penyusunan penelitan tindakan kelas ini dilakukan dengan dua metode secara sinergis, yaitu: metode diklat dan pendampingan. Kegiatan peningkatan wawasan dan keterampilan guru diawali dengan perencanaan, pembuatan proposal dan implementasi penelitian tindakan kelas. Kegiatan perencanaan dilakukan dengan pemberian materi mengenai format proposal, pengembangan permasalahan, pembuatan metode penelitian tindakan pengembangan instrument penelitian. Kegiatan pembuatan proposal dilakukan dengan pendampingan dan pembimbingan yang dilakukan secara berkala kepada semua guru melalui tatap muka langsung. Proposal yang dibuat guru dikoreksi oleh tim pelaksana pengabdian, kemudia diperbaiki dan dikoreksi kembali, sampai proposal dan instrumen dianggap sudah sesuai untuk dilaksanakan. Pelaksanaan tidakan kelas dilakukan dengan cara merancang perangkat pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, melakukan observasi dan merefleksikan tindakan. Kegiatan ini dilakukan secara sirkuler sampai mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan atau kriteria ketuntasan minimal yang diprasyaratkan.
Referensi
Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta
Pemerintah Kabupaten Bangli. (2011). Bangli dalam Angka. Bangli: Pemda Bangli
Dantes, Nyoman, dkk. (2008). Pengembangan Perangkat Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPS dan PKn (laporan penelitian) Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Djohar. (2003). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Kejuruan. (Disertasi, tidak diterbitkan). Bandung: PPS UPI.
Hasan. (1992). An Evaluation of the 1975 General Senior Secondary Social Studies Curriculum Implementation in Bandung Municipality. Disertasi Doctor dari Macquary University. Tidak diterbitkan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BPP
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas
Lasmawan, W. (2010). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empirik. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
MaLaughin. (1987). Implementing of ESEA Title I. New York: Columbia University.
Miller, J. and Wayne S. (1985). Curriculum: Perspective and Practice. New York: Longman.
Nana, S. (2005). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun: Bandung: Rosdakarya
Surapranata. (2006). Penilaian Portofolio. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suastika. (2006). Strategi Kebijakan Mewujudkan Singaraja Sebagai Kota Pendidikan (Laporan Penelitian). Singaraja: Undiksha
Tayibnapis. (2000). Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.