PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMA KARYA WISATA SINGARAJA

Penulis

  • Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Asri Sidaryanti Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kompetensi, guru, penelitian tindakan

Abstrak

Tujuan utama dari peningkatan kompetensi ini adalah untuk meningkatkan wawasan guru-guru SMA Karya Wisata Singaraja dalam penelitian tindakan kelas. Pelatihan dan pendampingan penyusunan penelitan tindakan kelas ini dilakukan dengan dua metode secara sinergis, yaitu: metode diklat dan pendampingan. Kegiatan peningkatan wawasan dan keterampilan guru diawali dengan perencanaan, pembuatan proposal dan implementasi penelitian tindakan kelas. Kegiatan perencanaan dilakukan dengan pemberian materi mengenai format proposal, pengembangan permasalahan, pembuatan metode penelitian tindakan pengembangan instrument penelitian. Kegiatan pembuatan proposal dilakukan dengan pendampingan dan pembimbingan yang dilakukan secara berkala kepada semua guru melalui tatap muka langsung. Proposal yang dibuat guru dikoreksi oleh tim pelaksana pengabdian, kemudia diperbaiki dan dikoreksi kembali, sampai proposal dan instrumen dianggap sudah sesuai untuk dilaksanakan. Pelaksanaan tidakan kelas dilakukan dengan cara merancang perangkat pembelajaran, melakukan kegiatan pembelajaran, melakukan observasi dan merefleksikan tindakan. Kegiatan ini dilakukan secara sirkuler sampai mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan atau kriteria ketuntasan minimal yang diprasyaratkan.

Referensi

Budiningsih, A. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta

Pemerintah Kabupaten Bangli. (2011). Bangli dalam Angka. Bangli: Pemda Bangli

Dantes, Nyoman, dkk. (2008). Pengembangan Perangkat Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPS dan PKn (laporan penelitian) Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Djohar. (2003). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Kejuruan. (Disertasi, tidak diterbitkan). Bandung: PPS UPI.

Hasan. (1992). An Evaluation of the 1975 General Senior Secondary Social Studies Curriculum Implementation in Bandung Municipality. Disertasi Doctor dari Macquary University. Tidak diterbitkan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BPP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendiknas

Lasmawan, W. (2010). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empirik. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

MaLaughin. (1987). Implementing of ESEA Title I. New York: Columbia University.

Miller, J. and Wayne S. (1985). Curriculum: Perspective and Practice. New York: Longman.

Nana, S. (2005). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek Tahun: Bandung: Rosdakarya

Surapranata. (2006). Penilaian Portofolio. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suastika. (2006). Strategi Kebijakan Mewujudkan Singaraja Sebagai Kota Pendidikan (Laporan Penelitian). Singaraja: Undiksha

Tayibnapis. (2000). Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##