PEMBUATAN ASESMEN DIAGNOSTIK NON-KOGNITIF GURU-GURU SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
penguatan, karakter, asesmen, diagnostik non-cognitifAbstrak
Asesmen diagnostik non-kognitif sebagai salah satu asesmen untuk menggali aspek-aspek psiko-sosial, emosional, aktivitas belajar di rumah, kondisi keluarga, pergaulan siswa, dan gaya belajar siswa. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam membuat asesmen diagnostik non-kognitif. Subjek sasaran kegiatan ini adalah guru-guru sekolah dasar yang berjumlah 20 orang. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan ceramah pelatihan, dan pendampingan pembuatan asesmen diagnostik non-kognitif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru-guru dalam pembuatan asesmen diagnostik non-kognitif. Peningkatan ini ditandai dengan dukungan data bahwa pada awal kegiatan sebesar 48% guru-guru paham membuat asesmen diagnostik non-kognitif terutama aspek psiko-sosial. Setelah kegiatan berlangsung sebesar 96% guru-guru telah mampu membuat asesmen diagnostik non-kognitif. Sedangkan sebesar 4% guru-guru mampu mengerjakan asesmen diagnostik non-kognitif pada aspek gaya belajar siswa.
Referensi
Ermadwicitawati, I N Sudiana, I M Sutama. 2013. Pengembangan Materi Ajar Cerita Anak yang Mengandung Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Membaca Cerita Anak SMP Kelas VII di Singaraja. E Journal Program Pascasarjana Undiksha. http://pascaundiksha.ac.id jounal/index php/jurnal bahasa/index php/article/Vjew File/703/48. Diakses 5-12-2016.
Parmini, Ni Putu. 2015. Eksistensi Cerita Rakyat dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Ubud. Jurnal Kajian Budaya, Volume 05, Nomor 02, Oktober 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendikbud. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Sanjaya, Dewa Bagus, Made Ardana, Ni Wayan Arini. 2018. Model Pembelajaran Karakter Berbasis Satua dalam Pembelajaran PKn untuk Memperkuat Jati Diri Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar di Provinsi Bali. Laporan Penelitian. Singaraja: Undiksha.
Sanjaya, D.B., Sukadi, Dw Gd. Firstia W, Dewa Ayu Puteri. H. (2021) Insersi Satua Bali dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Penanaman dan Penguatan Nilai Karakter di SDNegeri 1 Baktiseraga, dan SD Negeri 1 Banjar Tegal. Laporan Pengabdian. Singaraja.
Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.