OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PJOK DENGAN FLIPBOOK DIGITAL BAGI GURU PJOK

Penulis

  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Tuti Ariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Happy Kardiawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Spyanawati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

teaching materials, flipbook, physical education

Abstrak

Perkembangan informasi dan teknologi memberikan peluang baru dalam dunia pendidikan dengan mengembangkan modul, bahan ajar atau media pembelajaran berbasis digital termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai konsep bahan ajar dan memanfaatkan teknologi dalam mendesain bahan ajar berbasis flipbook digital/ Peserta kegiatan ini adalah guru PJOK SMP di Kabupaten Bangli yang terjumlah 25 orang. Rancangan kegiatan dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pada aspek pengetahuan bahan ajar rata-rata 80,42 yang mengindikasikan pengetahuan peserta berada pada kategori baik serta semua peserta telah mampu merancang bahan ajar berbasis flipbook dengan nilai keterampilan merancang adalah 82,38 kategori sangat baik. Bahan ajar ini diharapkan dapat menarik motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan efektif.

Referensi

Afandi, A., Indah, C. H. R., Susanto, R., Hadiwiyanti, R., & Mushofi, Y. (2023). Penggunaan Buku Ajar Motorik Berbasis Flipbook Pada Mahasiswa. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 140–145.

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan Bahan Ajar. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083

Baikuna, L., Hidayatuloh, M. F., Rizal, M. F., Fitria, N., Anjelina, N. U., Mahendra, M. R. E., Marlina, M., & Nisak, A. Z. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pemanfaatan Pembelajaran IPS. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 2(1), 102–115.

Eliyasni, R., Habibi, M., & Azima, N. F. (2021). E-module flipbook model for designing e-learning materials in higher education. 2nd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2020), 17–23.

Lehan, A. A. D., Sampe, M., Lala, S. G. U., & Mooy, R. P. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA FLIPBOOK BERBASIS MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V: EFEKTIVITAS MEDIA FLIPBOOK BERBASIS MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(1), 117–123.

Lestari, S. I., Indrawati, I., & Budiarso, A. S. (2022). Pengaruh penggunaan flipbook pada materi tekanan zat terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 19–30.

Lilis. (2019). Pengembangan bahan ajar digital mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas X. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/viewFile/7423/5155

Maesaroh, S., Si, I. M., & Khaerunnisa, E. (2022). Pengembangan bahan ajar flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 102–110.

Nurjannah, A., Marpaung, L. N. E., Harahap, S. L. F., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 421–428.

Paulina, P., & Purwanto, P. (2001). Penulisan bahan ajar. PAU PPAI. Ditjen Dikti. Depdiknas, Jakarta.

Prastowo, A. (2019). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173–2177.

Rahmadi, T. N. (2021). Perbandingan Digital Model dan Hybrid Model dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1800–1811.

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2020). The effect of using flipbook-based e-modules on student learning outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69–75.

Sundari, E. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 1(2), 75–79.

Suranti, N. M. Y., Wahyuningsih, B. Y., Ibrahim, I., & Alimuddin, N. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Module dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SD di Kota Mataram. Indonesian Journal of Education and Community Services, 3(2), 69–74.

Ulandari, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Jeneponto.

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis kebutuhan bahan ajar digital dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##