PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA-INTERAKTIF BAGI PARA GURU DI SINGARAJA

Penulis

  • I Gusti Putu Suharta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Parwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gde Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Buddhi Prameswara Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

artificial_intelligence, hasil belajar, media pembelajaran interaktif

Abstrak

Pengintegrasian teknologi digital dalam pembelajaran masih banyak menemukan permasalahan, khususnya terkait dengan interaksi antara guru-siswa-materi-media_pembelajaran. Tujuan pelaksanaan program ini adalah sebagai berikut. (a) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang media pembelajaran interaktif berbasis digital. (b) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pelaksanaan pembelajaran yang interaktif berbantuan media digital. Metode dan tahap-tahap pelaksanaan program meliputi empat tahap, yaitu: 1) menemukan masalah, 2) menemu kenali potensi, 3) menganalisis masalah dan potensi, dan 4) memilih solusi pemecahan masalah. Hasil pelaksanaan program ini adalah Pengetahuan dan keterampilan guru dalam merancang media pembelajaran interaktif berbantuan artificial intelligence berkualitas “baik”. Rata-rata hasil belajar siswa, berada diatas standar minimal yang ditetapkan sekolah (70), dengan rata-rata skor 80,5.

Referensi

Ambusaidi, A., Al Musawi, A., Al-Balushi, S., & Al-Balushi, K. (2018). The impact of virtual lab learning experiences on 9th grade students’ achievement and their attitudes towards science and learning by virtual lab. Journal of Turkish Science Education, 15(2), 13–29. https://doi.org/10.12973/tused.10227a

Amos, J. R., Angra, S., Castleberry, C., & Stadie, O. (2021). Using Gradescope to Facilitate Tag-Enhanced Student Feedback. https://doi.org/10.1145/3408877.3432498

Arrahman, R. A., Irsyadunas, & Samudra, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Lab Pada Mata Pelajaran Resistor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.180

Atwood, S. A., & Singh, A. (2018). Improved pedagogy enabled by assessment using gradescope. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--30627

Branco, R. C. (2021). A Semester without Exams: Approaches in a Small and Large Course. Journal of Undergraduate Neuroscience Education : JUNE : A Publication of FUN, Faculty for Undergraduate Neuroscience.

Cooper, G. (2023). Examining Science Education in ChatGPT: An Exploratory Study of Generative Artificial Intelligence. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10039-y

Foster, M. E. (2024). Evaluating the Impact of Supplemental Computer-Assisted Math Instruction in Elementary School: A Conceptual Replication. Journal of Research on Educational Effectiveness. https://doi.org/10.1080/19345747.2023.2174919

Gede Arka Puniatmaja, Ni Nyoman Parwati, I Made Tegeh, I. G. W. S. (2024). The Effect of E-learning and Students’ Digital Literacy towards Their Learning Outcomes. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(1), 348–356. https://doi.org/https://doi.org/10.47750/pegegog.14.01.39

Gusti Putu Arya Arimbawa, I Putu Wisna Ariawan, N. N. P. (2024). Pengembangan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 47–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i12024p046

Hakeu, Febrianto, Pakaya, I. I., Djahuno, Ridwanto, Zakarina, Uznul, Tangkudung, Mutmain, & Ichsan. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Halaweh, M. (2023). ChatGPT in education: Strategies for responsible implementation. Contemporary Educational Technology. https://doi.org/10.30935/cedtech/13036

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Kim, J., Lee, H., & Cho, Y. H. (2022). Learning design to support student-AI collaboration: perspectives of leading teachers for AI in education. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10831-6

Liliana, R. A., Raharjo, W., Jauhari, I., & Sulisworo, D. (2020). Effects of the online interactive learning media on student’s achievement and interest in physics. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081507

Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

Ngo, T. T. A. (2023). The Perception by University Students of the Use of ChatGPT in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v18i17.39019

Parwati., N. N., & Suharta, I Gusti Putu., Gede Doddy Tisna, M.S., S.Or., M. O. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Interaktif Berbantuan Aplikasi Edpuzzle di SDN 1 Baktiseraga. In M. K. Jude Baskara (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2022 (pp. 242–254). https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas/2022/prosiding/

Parwati, N. N. (2021). Berpikir Komputasional. Makalah disampaikan dalam Workshop Computational Thinking di SMP Negeri 4 Singaraja, pada tanggal 11 Desember 2021. https://docs.google.com/document/d/14J7hXzXRcC_AcMjv2Q53eGzkBkr8rF11/edit?usp=sharing&ouid=100784235113940482538&rtpof=true&sd=true

Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., & Sudatha, I Gde Wawan, I. G. A. A. (2023). Media Pembelajaran Interaktif-Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Positif Siswa. In M. . Gede Arna Jude Saskara, S.T. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2023 (pp. 854–860). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif berbantuan Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Sappaile, B. I., Nuridayanti, N., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan terhadap Pencapaian Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Digital. Jurnal Pendidikan West Science. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.937

Sari*, R. T., Angreni, S., & Salsa, F. J. (2022). Pengembangan Virtual-Lab Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23833

Suharta, I Gusti Putu., Ni Nyoman Parwati., M. J., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Rencana dan Pelaksanaan Pembelajaran yang Bermuara pada Penguatan Karakter Positif. In M. S. Putu Indra Christiawan, S.Pd. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2020 (pp. 206–210). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/

Suharta, I Gusti Putu., Parwati, Ni Nyoman., Sudatha, I. G. W. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Karakter bagi Guru-Guru SDN 1 Baktiseraga. In M. . Gede Arna Jude Saskara, S.T. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2023 (pp. 861–869). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/

Syahputra, P., Arwansyah, & Hasyim. (2021). Pengembanagan Media Pembelajaran Interaktif BerbasisAmbusaidi, A., Al Musawi, A., Al-Balushi, S., & Al-Balushi, K. (2018). The impact of virtual lab learning experiences on 9th grade students’ achievement and their attitudes towards science and learning by virtual lab. Journal of Turkish Science Education, 15(2), 13–29. https://doi.org/10.12973/tused.10227a

Amos, J. R., Angra, S., Castleberry, C., & Stadie, O. (2021). Using Gradescope to Facilitate Tag-Enhanced Student Feedback. https://doi.org/10.1145/3408877.3432498

Arrahman, R. A., Irsyadunas, & Samudra, A. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Lab Pada Mata Pelajaran Resistor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.180

Atwood, S. A., & Singh, A. (2018). Improved pedagogy enabled by assessment using gradescope. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--30627

Branco, R. C. (2021). A Semester without Exams: Approaches in a Small and Large Course. Journal of Undergraduate Neuroscience Education : JUNE : A Publication of FUN, Faculty for Undergraduate Neuroscience.

Cooper, G. (2023). Examining Science Education in ChatGPT: An Exploratory Study of Generative Artificial Intelligence. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10039-y

Foster, M. E. (2024). Evaluating the Impact of Supplemental Computer-Assisted Math Instruction in Elementary School: A Conceptual Replication. Journal of Research on Educational Effectiveness. https://doi.org/10.1080/19345747.2023.2174919

Gede Arka Puniatmaja, Ni Nyoman Parwati, I Made Tegeh, I. G. W. S. (2024). The Effect of E-learning and Students’ Digital Literacy towards Their Learning Outcomes. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(1), 348–356. https://doi.org/https://doi.org/10.47750/pegegog.14.01.39

Gusti Putu Arya Arimbawa, I Putu Wisna Ariawan, N. N. P. (2024). Pengembangan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), 47–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v7i12024p046

Hakeu, Febrianto, Pakaya, I. I., Djahuno, Ridwanto, Zakarina, Uznul, Tangkudung, Mutmain, & Ichsan. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Halaweh, M. (2023). ChatGPT in education: Strategies for responsible implementation. Contemporary Educational Technology. https://doi.org/10.30935/cedtech/13036

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Kim, J., Lee, H., & Cho, Y. H. (2022). Learning design to support student-AI collaboration: perspectives of leading teachers for AI in education. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10831-6

Liliana, R. A., Raharjo, W., Jauhari, I., & Sulisworo, D. (2020). Effects of the online interactive learning media on student’s achievement and interest in physics. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081507

Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

Ngo, T. T. A. (2023). The Perception by University Students of the Use of ChatGPT in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v18i17.39019

Parwati., N. N., & Suharta, I Gusti Putu., Gede Doddy Tisna, M.S., S.Or., M. O. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Interaktif Berbantuan Aplikasi Edpuzzle di SDN 1 Baktiseraga. In M. K. Jude Baskara (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2022 (pp. 242–254). https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas/2022/prosiding/

Parwati, N. N. (2021). Berpikir Komputasional. Makalah disampaikan dalam Workshop Computational Thinking di SMP Negeri 4 Singaraja, pada tanggal 11 Desember 2021. https://docs.google.com/document/d/14J7hXzXRcC_AcMjv2Q53eGzkBkr8rF11/edit?usp=sharing&ouid=100784235113940482538&rtpof=true&sd=true

Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., & Sudatha, I Gde Wawan, I. G. A. A. (2023). Media Pembelajaran Interaktif-Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Positif Siswa. In M. . Gede Arna Jude Saskara, S.T. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2023 (pp. 854–860). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif berbantuan Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Sappaile, B. I., Nuridayanti, N., Judijanto, L., & Rukimin, R. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Adaptif Berbasis Kecerdasan Buatan terhadap Pencapaian Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Digital. Jurnal Pendidikan West Science. https://doi.org/10.58812/jpdws.v2i01.937

Sari*, R. T., Angreni, S., & Salsa, F. J. (2022). Pengembangan Virtual-Lab Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23833

Suharta, I Gusti Putu., Ni Nyoman Parwati., M. J., & Sudarma, I. K. (2020). Pengembangan Rencana dan Pelaksanaan Pembelajaran yang Bermuara pada Penguatan Karakter Positif. In M. S. Putu Indra Christiawan, S.Pd. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2020 (pp. 206–210). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/

Suharta, I Gusti Putu., Parwati, Ni Nyoman., Sudatha, I. G. W. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Karakter bagi Guru-Guru SDN 1 Baktiseraga. In M. . Gede Arna Jude Saskara, S.T. (Ed.), Proceeding Senadimas Undiksha 2023 (pp. 861–869). Undiksha Press. https://lppm.undiksha.ac.id/prosiding-senadimas/

Syahputra, P., Arwansyah, & Hasyim. (2021). Pengembanagan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal IImiah Potensia.

Tapung, M. M. (2023). Era Metaverse dan Tuntutan Teknologi Pembelajaran Adaptif. In … Dan Pedagogi Dalam Terapan Serta Teknologi.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##