MENGASAH KREATIVITAS ANAK PANTI ASUHAN NARAYAN SEVA MELALUI PELATIHAN DESAIN KONTEN PROMOSI BERBASIS CANVA

Penulis

  • Luh Putu Eka Damayanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Susi Lissia Andayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Edy Agus Juny Artha Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

konten promosi, canva, pemasaran

Abstrak

Beberapa studi terkait strategi pemasaran digital dan penggunaan aplikasi desain grafis mampu meningkatkan brand awareness dan promosi produk. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat desain konten promosi menggunakan Canva. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta penilaian praktik. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada sebagian besar peserta, seperti P-03 yang skornya meningkat dari 20 menjadi 100, mencerminkan pemahaman yang mendalam. Namun, peserta seperti P-01 dan P-02 tidak menunjukkan perbaikan, bahkan skor P-01 menurun dari 60 menjadi 40, mengindikasikan faktor lain seperti kesiapan individu atau kesulitan pemahaman yang mempengaruhi hasil belajar. Dalam evaluasi praktik, peserta umumnya mampu menerapkan teknik desain dasar, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan dalam kreativitas dan kesesuaian desain dengan tujuan promosi. Peserta yang mengalami kesulitan dalam post-test juga menunjukkan hasil praktik yang kurang memuaskan, menunjukkan perlunya dukungan personalisasi untuk meningkatkan pemahaman. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan Canva sebagian besar peserta, namun beberapa memerlukan dukungan tambahan untuk memperkuat pemahaman mereka.

Referensi

Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Retrieved April 12, 2024, from Databooks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024

APJII, A. P. (2022). Profil Internet Indonesia 2022.

Harun, A. K., & Wibawanto, W. (2022). Perancangan Media Promosi Kedai Rainbow di Batang. Imajinasi: Jurnal Seni, 49-56. Retrieved April 10, 2024

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295. Retrieved April 17, 2024, from https://www.researchgate.net/publication/357847615_Pelatihan_Desain_Menggunakan_Aplikasi_Canva

Lestari, D. D., & Rasto. (2024). Peran Motivasi Belajar dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JP Manper), 1-10.

Muliyati, D., & Siswoyo. (2020). Peningkatan Kemampuan Promosi Melalui Pelatihan Desain Promosi Berbasis Teknologi QR-CODE. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 17(1), 83-92. doi:https://doi.org/10.21009/sarwahita.171.10

Sahila, W. F., & Nurhadi. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness Melalui Peran Content Creator di PT Otak Kanan. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 45-48. Retrieved April 11, 2024

Satiti, W. S., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Munfarida, N. F., Fatmawati, M., & Hanafi, A. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. INFORMATIKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(3), 105-109. Retrieved April 17, 2024

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-435. Retrieved April 17, 2024, from https://www.researchgate.net/publication/347157901_Penggunaan_Aplikasi_Canva_Untuk_Membuat_Konten_Gambar_pada_Media_Sosial_sebagai_Upaya_Mempromosikan_Hasil_Produk_UKM

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 170-182. doi:10.29264/jkin.v19i1.10207

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##