MENGASAH KREATIVITAS ANAK PANTI ASUHAN NARAYAN SEVA MELALUI PELATIHAN DESAIN KONTEN PROMOSI BERBASIS CANVA
Kata Kunci:
konten promosi, canva, pemasaranAbstrak
Beberapa studi terkait strategi pemasaran digital dan penggunaan aplikasi desain grafis mampu meningkatkan brand awareness dan promosi produk. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat desain konten promosi menggunakan Canva. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta penilaian praktik. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada sebagian besar peserta, seperti P-03 yang skornya meningkat dari 20 menjadi 100, mencerminkan pemahaman yang mendalam. Namun, peserta seperti P-01 dan P-02 tidak menunjukkan perbaikan, bahkan skor P-01 menurun dari 60 menjadi 40, mengindikasikan faktor lain seperti kesiapan individu atau kesulitan pemahaman yang mempengaruhi hasil belajar. Dalam evaluasi praktik, peserta umumnya mampu menerapkan teknik desain dasar, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan dalam kreativitas dan kesesuaian desain dengan tujuan promosi. Peserta yang mengalami kesulitan dalam post-test juga menunjukkan hasil praktik yang kurang memuaskan, menunjukkan perlunya dukungan personalisasi untuk meningkatkan pemahaman. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan Canva sebagian besar peserta, namun beberapa memerlukan dukungan tambahan untuk memperkuat pemahaman mereka.
Referensi
Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Retrieved April 12, 2024, from Databooks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
APJII, A. P. (2022). Profil Internet Indonesia 2022.
Harun, A. K., & Wibawanto, W. (2022). Perancangan Media Promosi Kedai Rainbow di Batang. Imajinasi: Jurnal Seni, 49-56. Retrieved April 10, 2024
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295. Retrieved April 17, 2024, from https://www.researchgate.net/publication/357847615_Pelatihan_Desain_Menggunakan_Aplikasi_Canva
Lestari, D. D., & Rasto. (2024). Peran Motivasi Belajar dalam Memoderasi Pengaruh Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JP Manper), 1-10.
Muliyati, D., & Siswoyo. (2020). Peningkatan Kemampuan Promosi Melalui Pelatihan Desain Promosi Berbasis Teknologi QR-CODE. Sarwahita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 17(1), 83-92. doi:https://doi.org/10.21009/sarwahita.171.10
Sahila, W. F., & Nurhadi. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness Melalui Peran Content Creator di PT Otak Kanan. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 45-48. Retrieved April 11, 2024
Satiti, W. S., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Munfarida, N. F., Fatmawati, M., & Hanafi, A. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. INFORMATIKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(3), 105-109. Retrieved April 17, 2024
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-435. Retrieved April 17, 2024, from https://www.researchgate.net/publication/347157901_Penggunaan_Aplikasi_Canva_Untuk_Membuat_Konten_Gambar_pada_Media_Sosial_sebagai_Upaya_Mempromosikan_Hasil_Produk_UKM
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 19(1), 170-182. doi:10.29264/jkin.v19i1.10207
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.