PELATIHAN PEMBUATAN SOAL BERORIENTASI HOTS BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KAMPUNG BARU

Penulis

  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Budayana
  • Putu Kartika Dewi
  • Ni Nyoman Tri Artayani

Kata Kunci:

keterampilan berpikir tingkat tinggi, soal berbasis HOTS

Abstrak

Pelatihan penyusunan soal berorientasi Higher Order Thingking Skills (HOTS) bagi guru SDN 1 Kampung Baru memberikan manfaat dalam meningkatkan kompetensi dalam penyusunan soal yang mendorong pemikiran tingkat tinggi dan analisis siswa. Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk menjawab tantangan pendidikan di abad ke-21, yaitu bagaimana mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Pelatihan ini mencakup pemahaman konsep HOTS, strategi dalam penyusunan soal HOTS, dan penerapan soal-soal tersebut dalam pembelajaran. Selama pelatihan, guru-guru diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang soal HOTS yang sesuai dengan kurikulum dan tingkat perkembangan siswa di SD. Peserta juga diajak berkolaborasi, berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang pendekatan terbaik dalam menyusun soal HOTS. Hasil penyebaran angket kepada para guru peserta diklat memperoleh hasil sebesar 94,3% menunjukkan bahwa para peserta memberikan respons positif terhadap kegiatan pengabdian ini. Hasil pelatihan ini diharapkan akan terlihat dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah SDN 1 Kampung Baru.

Referensi

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama, Bandung.

Karimulah, A., & Ummah, N. I. (2022). Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru untuk memotivasi belajar siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 13-34.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2013. Materi Diklat Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Jakarta: Badan PSDMPK-PMP.

Mulyani, F. (2017). Konsep kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (kajian ilmu pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1-8.

Nuryani, M. (2019). Kepribadian Dan Profesionalitas Guru dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Siswa. Jurnal Dirosah Islamiyah, 1(1), 93-107.

Panuluh, S., & Fitri, M. R. (2016). Perkembangan pelaksanaan sustainable development goals (SDGs) di Indonesia. Biefing Paper, 2(1), 1-25.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Suwandi, S. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 1-10). FBS Unimed Press

Tristananda, P. W. (2018). Membumikan Education for Sustainable Development (ESD) di Indonesia dalam menghadapi isu–isu global. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 42-49.

Silalahi RY, Putu KD dan Luh IM. (2023) Pelatihan Penyusunan Soal Tipe HOTS bagi guru SD Gugus 9 Kecamatan Buleleng. Undiksha Press. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat ke 8.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##