PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA RAMAH LINGKUNGAN DI SDN 3 PANJI ANOM

Penulis

  • Raphita Yanisari Silalahi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa
  • I Gusti Ngurah Pujawan
  • Ni Putu Ratih Diana Putri

Kata Kunci:

media pembelajaran, ramah lingkungan, pendidikan berkualitas

Abstrak

Pelatihan pembuatan media pembelajaran matematika ramah lingkungan bagi guru SDN 3 Panji Anom adalah upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, kualitas pembelajaran, dan mendorong kesadaran lingkungan melalui pengembangan media pembelajaran matematika. Penyelenggaran ini juga bertujuan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals), dengan menciptakan pendidikan berkualitas melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran bermakna berbasis ramah lingkungan. Selama pelatihan, guru-guru diberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai cara pembuatan media pembelajaran ramah lingkungan, seperti Cokab (Congklak KPK dan FPB), Bekapai, Obibul (Operasi Bilangan Bulat), Papan Tangga Satuan, Papan Perkalian, dan Papan Suga Math. Hasil angket respons guru terhadap kegiatan yang telah berlangsung didapatkan persentase sebesar 91,74% dengan kategori positif. Hasil pelatihan ini diharapkan akan terlihat dalam peningkatan kualitas pembelajaran serta mengatasi tantangan ketidaktersediaan sarana dan prasarana untuk pengelolaan sampah di SDN 3 Panji Anom.

Referensi

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- Biruni, 5(1), 1–13.

Ausubel, D. (1963). The psychology of meaningful verbal learning. New York: Grune & Stratton.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. cet. 16

Hudoyo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA Universitas Negeri Malang.

Muhsetyo, G. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Martiasari, A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10356

Munawar, Syella. (2016). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengn Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, Vol. 9, No. 1. 23.

Parwati NN, Suryawan IPP, Apsari RA. (2018). Belajar dan pembelajaran. Surabaya: RajaGrafindo.

Sadiman dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Yaumi, M. (2017). Belajar dan Mengajar dengan Media dan Teknologi (M. Yahya, Ed.) Watampone: Syahadah.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##