PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA BALI SISWA SD NEGERI 2 UBUNG
Kata Kunci:
pembelajaran bahasa Bali, motivasi belajar, kartu aksara Bali, pembelajaran inovatifAbstrak
Tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan motivasi belajar Bahasa Bali siswa SD Negeri 2 Ubung, meningkatkan pengetahuan terkait aksara Bali siswa SD Negeri 2 Ubung, dan siswa SD Negeri 2 Ubung mendapatkan nilai yang bagus dalam pelajaran aksara Bali melalui pelatihan dan pendampingan pembelajaran inovatif. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah: (1) Motivasi belajar siswa SD Negeri 2 Ubung rendah dalam mempelajari materi aksara Bali, (2) Pengetahuan siswa SD Negeri 2 Ubung kurang dalam materi aksara Bali, (3) Keterbatasan guru dalam melaksanakan pembelajaran aksara Bali dengan penggunaan media pembelajaran inovatif. Berdasarkan permasalahan mitra maka solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah: (1) Mengadakan pelatihan kepada siswa SD Negeri 2 Ubung dalam meningkatkan motivasi belajar aksara Bali melalui pembelajaran inovatif dengan pembuatan kartu ajaib aksara Bali, (2) Mengadakan pendampingan kepada siswa SD Negeri 2 Ubung dalam meningkatkan pengetahuan aksara Bali melalui pembelajaran inovatif.
Referensi
Annisa, Feni, dkk. (2023). Penerapan Pembelajaran Inovatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa. Journal on Education, Vo.5, No.4.
Anovika, Lola. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SD Islam Assalam. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Cahyani, Arum. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 2 Tambang. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.
Deviyanti, I. (2021). Konsep dan Pengembangan Pembelajaran Yang Inovatif. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Hamzah. (2021). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ina Magdalena, A. R. (2020). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pangadegan. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 376-392.
Kompas.com. (2013). Bahasa Bali Mata Pelajaran Wajib di Bali. Tersedia pada: https://edukasi.kompas.com/read/2013/05/04/12580716/~Edukasi~News (diakses pada 1 April 2024).
Purnami, Ida Ayu Putu, dkk. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Educandy dalam Menunjang Proses Pembelajaran Bahasa Bali. Jurnal Komunikasi Hukum, Vo.9, No.1.
Rosyidah, Nur Diana, dkk. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, Vo.4, No.1.
Suardiana, I Wayan. (2012). Bahasa dan Pemertahanan Kearifan Lokal. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, vol. 19. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/linguistika/article/view/9691 (diakses pada 1 April 2024).
Subagio, Lilik, dkk. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Faflesia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6, No,2.
Yasmini, I Gusti Ketut. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, Vo.5, No.2.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.