PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SD DI BANJAR JAWA BULELENG

Penulis

  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putri Sarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Indra Supriadi -

Kata Kunci:

pelatihan dan pendampingan, kurikulum merdeka, kompetensi guru

Abstrak

Meskipun pelaksanaan Kurikulum Merdeka sudah dimulai sejak tahun pelajaran 2022/2023, namun masih banyak Sekolah Dasar (SD) yang belum optimal dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa pelatihan dan pendampingan implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan dibagi menjadi tahap penyajian materi kurikulum, pelatihan penyusunan modul ajar dengan bantuan AI, pelatihan penyusunan penilaian dengan bantuan Quizizz, dan pendampingan ke sekolah mitra. Data dikumpulkan dengan kuesioner online, observasi kelas, dan dokumentasi produk yang dihasilkan para guru selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan ke sekolah-sekolah mitra ditemukan yaitu: (1) Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan 96% pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka dalam kategori baik, (2) 98% pemahaman guru dalam menyusun modul ajar menggunakan AI dalam kategori baik; (3) 96% pemahaman guru dalam menyusun dan mengimplementasikan penilaian dengan bantuan program Quizizz dalam kategori baik.

Referensi

Ardiansyah, dkk. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, Vol. 3 No. 1.

Ardianti,Y & Amalia, N (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3).

BSKAP Kemendikbudristek RI. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen : Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Budiono, Arifin Nur & Mochammad Hatip. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Volume 8 No 1.

Candrasari, Pipit & Kukuh Munandar. (2023). Pemanfaatan Media Quizizz pada Asesmen Sumatif Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Gaya Belajar Peserta Didik. Jurnal Biologi Vol.1, No. 2.

Indarta, Y, Jalinus,N,. Waskito,W,. Samala,A, Riyanda, A,R & Adi,N.H.(2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Kemdikbudristek. (2019). Siaran pers merdeka belajar 1: Mendikbud Tetapkan Empat Pokok kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.”

Kemendikbud RI. (2022). Merdeka Belajar Episode 15: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. www.youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=T2-s6yY9yoI

Kemendikbudristek. (2021a). Buku Saku Platform Merdeka Mengajar. Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24918

Mahfudz MS. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, Vol.2, No.2.

Marantika, Juliaans E.R. dkk. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas. German für Gesellschaft (J-Gefüge), Volume 2 Nomor 1.

Murwantini, Sri. (2023). Optimalisasi Asesmen Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Pada Kurikulum Merdeka. STEAM Engineering, Volume 4, Nomor 2.

Nuriana, Aghnina dkk. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Model Penilaian Diagnostik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro, 27 Juni 2023.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Puteri, Anggiet Noviana dkk. (2023). Efektivitas Asesmen Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8, Nomor 1.

Putri, T.N, Anwar,N,R, Afifah,D.R (2024). Manfaat Modul Ajar Terhadap Hasil Belajar peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Sosial sains, Pendidikan, Humaniora (SENASDRA), Volume 3 No.3 18-21, 2024. ISSN: 2987-3940.

Rohmah, Balqis Fauzatul & Choirul Anam. (2023). Analisis Aplikasi Penilaian Pembelajaran MI/SD Berbasis Digital. EDUCARE: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 02 No. 01.

Suardipa, I Putu & Kadek Hengki Primayana. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, Volume 4, No. 2.

Widodo, S, Rilianti, A.P, Najwa,A.A, Huda,M.M (2023). Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Implementasinya di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education (JPEE) Vol.2 No.2 . September 2023.

Zarkasi, Taqiudin et al. (2023). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz Di MTs NW 2 Kembang Kerang Sebagai Upaya Menyongsong Kurikulum Merdeka. Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No. 1.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##