MEGAMBEL DI ERA DIGITAL: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN SENI MUSIK BALI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN HYBRID

Penulis

  • I Made Edy Listartha Undiksha
  • Gede Arna Jude Saskara
  • Ida Bagus Nyoman Pascima
  • I Gusti Lanang Agung Raditya Putra

Kata Kunci:

megambel, pembelajaran hybrid, pelestarian budaya, keterampilan digital, seni musik Bali

Abstrak

Kegiatan pelatihan dan pendampingan seni musik megambel di Dadya Arya Kelaci bertujuan untuk melestarikan warisan budaya Bali dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran hybrid. Program ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi masalah terbatasnya akses ke pelatih, kurangnya pemahaman generasi muda tentang seni megambel, serta keterbatasan teknologi di komunitas. Metode yang digunakan adalah pembelajaran hybrid, yang menggabungkan sesi tatap muka dan pembelajaran online melalui platform digital. Peserta diberikan materi tentang sejarah, filosofi, dan teknik praktis seni megambel, serta pelatihan keterampilan digital untuk memanfaatkan platform pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap seni megambel serta keterampilan digital yang lebih baik. Penggunaan metode hybrid terbukti efektif dalam memberikan fleksibilitas kepada peserta untuk belajar kapan saja. Meskipun terdapat tantangan dalam keterlibatan peserta selama sesi online, program ini secara keseluruhan berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan apresiasi seni megambel di kalangan generasi muda. Program ini juga membuka peluang ekonomi dan pelestarian budaya yang lebih luas di masa depan.

Referensi

Fingerspot. (2021). Hybrid Learning Adalah (Pengertian, Kelebihan Dan Kekurangannya) | Fingerspot. Diambil 10 April 2024, dari https://fingerspot.com/news/hybrid-learning-adalah-pengertian-kelebihan-dan-kekurangannya

Maryatul Kiptiyah, S., Dewi Purwanti, P., Badrus Siroj, M., & Eka Andriani, A. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Fun AI (Artificial Intelligence), AR (Augmented Reality), dan VR (Virtual Reality) untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensisasi di Sekolah Guru. Instructional Development Journal, 6(2), 149–157. Diambil dari http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 4(1), 59–62. https://doi.org/10.26740/JP.V4N1.P59-62

Salma. (2023). Hybrid Learning: Jenis-Jenis dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Diambil 10 April 2024, dari https://penerbitdeepublish.com/hybrid-learning/

Suwardani, N. P. (2015). Pewarisan Nilai-nilai Kearifan Lokal untuk Memproteksi Masyarakat Bali dari Dampak Negatif Globalisasi. Jurnal Kajian Bali, 05(2), 247–264.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##