PELATIHAN MENULIS CERPEN UNTUK ANGGOTA MGMP BAHASA INDONESIA SMA/MA KABUPATEN BULELENG
Kata Kunci:
pelatihan, menulis, cerpenAbstrak
Tujuan PkM ini adalah mengetahui (1) bagaimana kualitas cerpen yang dihasilkan oleh peserta setelah mengikuti pelatihan menulis cerpen dan (2) mengetahui bagaimana respons peserta terhadap pelatihan menulis cerpen yang diikuti. Pelatihan ini dilaksanakan dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Projek. Pesertanya adalah 15 anggota MGMP Bahasa Indonesia SMA/MA Kabupaten Buleleng. PkM ini dilaksanakan 10-31 Juli 2024, dalam lima tahap, yaitu: tahap pelatihan, tahap penulisan draf awal, review, tahap penulisan draf akhir, dan penerbitan buku kumpulan cerpen. Hasilnya ada dua. Yang pertama adalah 15 naskah cerpen dengan kualitas baik yang akan diterbitkan menjadi buku kumpulan cerpen. Yang kedua adalah respons sebagian besar peserta terhadap pelatihan yang diberikan sangat baik.
Referensi
Abidin, Yunus. Desain Sistem pembelajaran dalam Konteks Kurikulum (2013). Bandung: PT Refika Aditama.
Elvina dan Putri, Delia. (2021). Pelatihan menulis kreatif untuk meningkatkan kreativitas siswa di SDN 006 Rambah, Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2 (2): 93-97.
Fatimah, Meryta Febrilian, Rachma, Hirman, dan Qadrini, Laila. (2024). Menumbuhkan budaya menulis melalui pelatihan artikel ilmiah di kalangan guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta Darul Dakwah wal-Irsyad Lapeo, Sulawesi Barat, Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 2 (2): 1-7.
Handayani dkk. (2022). Pelatihan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara, Ngudi Waluyo Empowerment: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2).
Khan, Rosan Imani dan Wulansari, Widi. (2021). Pengaruh pemberian pelatihan menulis kreatif terhadap keterampilan membuat dongeng anak, Jurnal Pelita PAUD, 6 (1): 15-23.
Komaidi, Didik. (2011). Panduan Lengkap Menulis Kreatif: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Penerbit Sabda Media
Laksana, A.S. (2013). Creative Writing: Tips dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel. Jakarta Selatan: Trans Media.
Nurgiyantoro, Burhan. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Suherli, Suryaman, Maman, Septiaji, Aji, dan Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Kosasih, E dan Kurniawan, Endang. 2019. Jenis-jenis Teks: Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Penerbit Yrama Media.
Trianton, Teguh, Telaumbanua, Sadieli, Pohan, Jusri Efendi, dan Rudy. (2023). Pemantapan literasi guru melalui pelatihan menulis artikel jurnal ilmiah, Jurnal Salaka: Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 5 (1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.