PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 1 PADANGBULIA

Penulis

  • I Gusti Ngurah Pujawan Undiksha
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Undiksha
  • Putu Kartika Dewi Undiksha

Kata Kunci:

media pembelakjaran matematika, lingkungan sekitar, pembelajaran bermakna

Abstrak

Kegiatan PkM ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dari mitra, yaitu SDN 1 Padangbulia yaitu kurangnya pemanfaatan lingkungan sekitar untuk dijadikan sebagai media pembelajaran matematika dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang bermakna. Kegiatan PkM dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2024, dengan peserta sebanyak 12 orang guru. Kegiatan ini dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu: 1. Penyampaian materi media pembelajaran matematika berbasis lingkungan sekitar dan 2. Praktik pembuatan media pembelajaran matematika berbasis lingkungan sekitar. Hasil dari kegiatan menujukkan hal yang positif, yaitu: 1. Respon positif dari guru selama kegiatan, yang dapat dilihat dari keaktifan guru selama kegiatan, 2. Guru telah berhasil membuat dan mempraktikan media pembelajaran matematika dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.. Tindak lanjut kegiatan melalui kegiatan pendampingan pada siswa. Secara umum dapat diaktakan kegiatan ini telah berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam membuat dan mengimplementasikan media pembelajaran matematika dengan menggunakan lingkungan sekitar.

Referensi

Afiani, K. D. A., & Putri, A. F. (2022). Penggunaan Realistic Mathematis Education (RME) Sebagai Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana di Abad 21. Proceeding Umsurabaya, 219–233. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14927%0Ahttp://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/viewFile/14927/5432

Afidati, M., & Nur Malasari, P. (2023). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna Menggunakan Pendekatan Teori Kognitivisme. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.67

Hartawan, I. G. N. Y., Suryawan, I. P. P., & Silalahi, R. Y. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN GURU DAN SISWA SD NEGERI 1 PANJI. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Ke 8 Tahun 2023, 8(November), 2074–2078.

Juardi, I. F., & Komariah, K. (2023). Konsep Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Berlandaskan Teori Kognitif Jean Piaget. Journal on Education, 6(1), 2179–2187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3220

Noor, C. K. putri dan trisna insan. (2013). Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/download/354/217/

Suarsana, I. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Bagi Kelompok Kerja Guru Sd Gugus Vi Kecamatan Kubu Tambahan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 833–840. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/232/107

Suarsana, I. M., Nyoman, I. G., Hartawan, Y., & Sukarta, I. N. (2020). PELATIHAN PEMANFAATAN BAHAN BEKAS UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD NEGERI 2. Proceeding Senadimas Undiksha, 1098–1103.

Suryawan, I. P. P., Agustika, G. N. S., Yuda Sukmana, A. I. W. I., Isumunuartha, G. R., & Sanjaya, I. P. A. (2021). Aktivasi Media Pembelajaran Matematika Manipulatif Konkrit Di Sd Gugus V Kecamatan Kintamani-Bangli. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 100. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.30266

Suryawan, I. P. P., Juniantari, M., Meirawati, D. ketut, & Dewi, P. W. R. (2022). Pemanfaatan Media Manipulatif Montessori Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika. Senadimas Undiksha 2022, 2001–2011. https://conference.undiksha.ac.id/senadimas/2022/prosiding/file/268.pdf

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##