PENINGKATAN PERAN KADER POSYANDU DALAM STIMULASI DAN DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN BALITA

Penulis

  • Ni Ayu Desy Sekarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Kadek Alit Arsani
  • Putu Irma Pratiwi

Kata Kunci:

Kader Posyandu, stimulasi, deteksi dini, tumbuh kembang balita, pelatihan, pendampingan

Abstrak

Masa balita (0-59 bulan) merupakan periode emas dalam pertumbuhan dan perkembangan anak yang menentukan kualitas hidup di masa mendatang. Deteksi dini terhadap masalah tumbuh kembang serta pemberian stimulasi yang tepat sangat penting untuk mencegah gangguan seperti stunting, keterlambatan bicara, atau gangguan perkembangan lainnya. Kader Posyandu, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat, memegang peranan penting dalam melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Namun, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan kader dalam melakukan stimulasi dan deteksi dini sering kali menjadi kendala dalam menjalankan tugas tersebut secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran kader Posyandu dalam stimulasi dan deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan balita melalui metode pelatihan dan pendampingan kader. Metode pelatihan yang digunakan dawali persiapan kegiatan meliputi pengurusan ijin, kesepakatan jadwal dan tempat. Selanjutnya pelatihan meliputi pretest, pemberian materi, posttes untuk mengevaluasi keberhasilan pelatihan. Setelah pelatihan, dilakukan pendampingan intensif untuk memastikan kader dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu setelah pelatihan, terutama dalam melakukan stimulasi dan deteksi dini pada balita. Selain itu, kader yang didampingi mampu melaksanakan skrining tumbuh kembang secara mandiri. Peningkatan kompetensi kader ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan Posyandu, sehingga dapat mendukung tumbuh kembang balita secara optimal dan mencegah terjadinya gangguan perkembangan sejak dini.

Referensi

Hiddayaturrahmi, Rosmawaty, Nasitoh, S., Handayani, Y., & Lidra Maribeth, A. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Usia 0-2 Tahun : Tinjauan Literatur. Scientific Journal, 3(4), 221–231. https://doi.org/10.56260/sciena.v3i4.150

Islamiyati, I., Sadiman, S., & Wijayanti, Y. T. (2023). Peningkatan Kapasitas Kader Bina Keluarga Balita Dalam Stimulasi Tumbuh Kembang Balita. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/dedikasi.v2i1.26

Kemenkes RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia (Vol. 42).

Kemenkes RI. (2022). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. In Kemenkes.

Pratiwi Putu Irma, S. N. N. A. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Pada Pengetahuan Kader Posyandu. Jurnal Kesehatan Al Irsyad, 14(Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Pada pengetahuan Kader Posyandu Mengenai Deteksi Dini Stunting), 103–112.

Rahayu, A., Yulidasari, F., Putri, A. O., & Anggraini, L. (2018). Stunting dan Upaya Pencegahannya. In Buku stunting dan upaya pencegahannya.

Sahira, N. S., & Assariah, K. S. P. (2023). Edukasi dan Pendampingan Program Cegah Stunting. Jurnal Bina Desa, 5(1), 33–38. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i1.40777

Sekarini, N. N. A. D., Pratiwi, P. I., & Armini, L. N. (2022). Peran Orang Tua dalam Pertumbuhan Balita pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 5(1), 53. https://doi.org/10.35473/ijm.v5i1.1536

Setiawati, S., Yani, E. R., & Rachmawati, M. (2020). Hubungan status gizi dengan pertumbuhan dan perkembangan balita 1-3 tahun. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i1.1903

Sitorus, S. B. M., Ni Made Ridla Nilasanti Parwata, & Noya, F. (2021). Pengaruh Pendampingan Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu dalam Deteksi Dini Stunting. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(3), 283–287. https://doi.org/10.33860/jik.v15i3.459

UNICEF. (2019). State of the World’s Children 2019: Children, food and nutrition.

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273–282.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##