PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU-GURU DI SMP N 1 SUKASADA

Penulis

  • Kompyang Selamet Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Subagia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Istri Agung Rai Sudiatmika Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Culturally Responsive Teaching, Etnosains

Abstrak

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dilatarbelakangi oleh permasalahan meliputi (1) Guru-guru di SMP Negeri 1 Sukasada belum mampu untuk menentukan konteks budaya lokal yang dapat diintegrasikan dalam konten mata pelajaran untuk dikembangkan sebagai bahan ajar. (2) Guru-guru di SMP Negeri 1 Sukasada belum mampu untuk mengembangkan bahan ajar (LKPD, handout/ringkasan materi, media bahan tayang) yang bermuatan konteks budaya. Tujuan PkM adalah (1) meningkatnya wawasan dan keterampilan guru dalam menentukan konteks budaya lokal yang dapat diintegrasikan dalam konten mata pelajaran untuk dikembangkan sebagai bahan ajar serta (2) meningkatnya keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis culturally responsive teaching yang bermuatan etnosains melalui konteks budaya dan potensi lokal. Adapun peserta dalam PkM ini adalah sebanyak 37 orang guru mata pelajaran di SMP N 1 Sukasada. Metode pelaksanaan PkM berupa diskusi informasi dan workshop. Hasil dari kegiatan PkM meliputi (1) Guru telah mampu menentukan konteks budaya lokal atau potensi lokal yang dapat diintegrasikan dalam konten mata pelajaran dibuktikan dengan bahan ajar LKPD yang telah berhasil dibuat. (2) Guru telah mampu mengimplementasikan pendekatan culturally responsive teaching bermuatan etnosains dalam pembelajaran dengan melalui penyusunan bahan ajar LKPD yang dikombinasikan dengan media pembelajaran dengan berbagai topik-topik budaya dan potensi lokal yang ada di Bali.

Referensi

Amila, A., Abdurrahman, A., Suyatna, A., Distrik, I. W., & Herlina, K. (2018). Practicality and Effectiveness of Student’ Worksheets Based on Ethno science to Improve Conceptual Understanding in Rigid Body. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 4(5), 400–407. https://doi.org/10.22161/ijaems.4.5.11

Barron, H. A., Brown, J. C., & Cotner, S. (2021). The culturally responsive science teaching practices of undergraduate biology teaching assistants. Journal of Research in Science Teaching, 58(9), 1320–1358. https://doi.org/10.1002/tea.21711

Derlina, Harahap, Rika Indah Sari, Sahyar, & Sinaga, Bornok. (2021). Application of Ethnophysics integrated with Culturally Responsive Teaching (CRT) methods to improve Generic Skills of Indonesian Science Students. EDUCATIONAL SCIENCES: THEORY & PRACTICE, 21(1), 68–83. https://doi.org/EDUCATIONAL SCIENCES: THEORY & PRACTICE

Ernawati, T., Rosana, D., Atun, S., & . S. (2024). Exploration of Culturally Responsive Teaching and Problem-Based Learning in The Diverse Learning of Prospective Science Teachers. International Journal of Religion, 5(3), 353–365. https://doi.org/10.61707/t1bg2083

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Ogodo, J. A. (2024). Culturally Responsive Pedagogical Knowledge: An Integrative Teacher Knowledge Base for Diversified STEM Classrooms. Education Sciences, 14(2), 124. https://doi.org/10.3390/educsci14020124

Sari, F. P., Maryati, M., & Wilujeng, I. (2023). Ethnoscience Studies Analysis and Their Integration in Science Learning: Literature Review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1135–1142. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2044

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). PERAN GURU SEBAGAI APLIKATOR PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095

Silvia Melyasari, N., Sutoyo, S., & Widodo, W. (2018). Scientific Literacy Skill Of Junior High School Student Using Ethnoscience Based Learning. Proceedings of the Seminar Nasional Kimia - National Seminar on Chemistry (SNK 2018). Seminar Nasional Kimia - National Seminar on Chemistry (SNK 2018), Surabaya, Indonesia. https://doi.org/10.2991/snk-18.2018.30

Sudarmin. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal (Konsep dan Penerapannya dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Sudarmin, S., Mursiti, S., & Asih, A. G. (2018). The use of scientific direct instruction model with video learning of ethnoscience to improve students’ critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1006, 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012011

Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). Increasing character value and conservation behavior through integrated ethnoscience chemistry in chemistry learning: A Case Study in The Department of Science Universitas Negeri Semarang. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 349, 012061. https://doi.org/10.1088/1757-899X/349/1/012061

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##