PELATIHAN MEMBANGUN RESILIENSI GURU SD NEGERI DAUH PURI UNTUK MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA

Penulis

  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Nanci Riastini
  • I Kadek Edi Yudiana
  • Dewa Ayu Puteri Handayani

Abstrak

Era merdeka belajar guru dituntut agar mampu beradaptasi dengan berbagai platform pembelajaran dan mahir penggunaan media digital, serta beban kerja guru semakin meningkat. Oleh sebab itu diadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan resiliensi guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one sample pre-test post-test, sampel penelitian ini adalah guru sekolah dasar di SD Negeri Dauh Puri yang berjumlah, data resiliensi diperoleh dengan kuesioner, hasil uji normalitas pre-test dan post-test dengan uji kolmogorov-smirnov dan shapiro-wilk > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas levene statistik 0,847 > 0,05 data beridsistribusi homogen, hasil uji hipotesis dengan paired sampel t-test yakni 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh pelatihan resiliensi terhadap guru SD Negeri Dauh Puri. Simpulan terdapat pengaruh pelatihan resiliensi terhadap guru SD Negeri Dauh Puri untuk menghadapi kurikulum merdeka.

Referensi

Ernawati, S. (2020). Pandemi Covid-19: Resiliensi Guru. Seminar Prodi Psikologi Universitas Sahid Surakarta, 30–35.

Farida, I. A., Utomo, H. B., & Putri, R. D. (2024). Pelatihan Optimalisasi Resiliensi Mengajar Guru Sekolah Dasar dengan Strategi Modifikasi Perilaku Prososial di Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 1888–1899.

Florensa, Sari, L., Hidayah, N., Yoursriatin, F., & Litawia, W. (2023). Edukasi Kesehatan Jiwa dalam Meningkatkan Resiliensi Remaja Kota Pontianak. Pengabdian Masyarakat, 5(8), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Gaol. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 17-28.

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2), 1.

Irawan, A. W., Habsy, B. A., Lestari, M., & Aras, N. F. (2024). Mengapa Anak Muda Mau Menjadi Guru ? Analisis Resiliensi pada Guru di Samarinda. Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 675–683.

Rahmadyanty, H. A., & Tsuroyya. (2023). Pengaruh Isi Pesan Kesehatan Mental Instagaram Rivil Terhadap Kemampuan Resiliensi. Commericum, 6(2), 39–48. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/download/51026/41746/

Ramadan, D. A., Info, A., & Resilience, C. (2021). Analisis Gambaran Resiliensi Karier Guru. Journal of Innovative Counseling : Theory, Research & Practice, 5(1), 1–13. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling%0AANALISIS

Sari, L., Elita, V., Karim, D., Keperawatan, F., & Riau, U. (2022). Gambaran Tingkat Stress dan Stressor Guru SD Di Pedesaan dengan Sistem Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Era Pandemi Covid-19. Health Care : Jurnal Kesehatan, 11(1), 63–72.

Sari, S. P., Aryansah, J. E., Saripah, I., Sriwijaya, U., & Indonesia, U. P. (2023). Resiliensi budaya mahasiswa dan implikasinya terhadap pedagogi kedamaian. Nusantara Of Research, 10(1), 107–122. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor%0ARESILIENSI

Simorangkir, M. R. R., Male, H., Puri, A. R., Halomoan, J., Lumabantoruan, & Siregar, E. (2023). Upaya Penurunan Stress Guru dengan Meningkatkan Kompetensi Digital dan Modul Ajar di Sekolah Penggerak. Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarajat, 6(14), 757–768.

Wahyuni, E. (2021). Resiliensi Remaja dan Implikasiny Terhadap Kebutuhan Pengembangan Buku Bantuan Diri. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 79–88. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor%0ARESILIENSI

Yulianti, E., Mayangsari, M. D., & Fauzia, R. (2017). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Resiliensi Pada Penderita Kanker Stadium Lanjut. Jurnal Ecopsy, 3(3), 137. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v3i3.2664

Zulaiha, S., Meldina, T., Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., Curup, D., & Lebong, R. (2022). Problematika Guru dalam Merdeka Belajar Menerapkan Kurikulum. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 175.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##