PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS WEB DALAM UPAYA DIGITALISASI KELOMPOK WANITA TANI KUNCUP MEKAR SANGKET

Penulis

  • Ni Luh Dewi Sintiari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Ardiana
  • Ni Ketut Kertiasih
  • Putu Hendra Suputra
  • I Ketut Resika Arthana

Kata Kunci:

aplikasi point of sale, website, KWT Kuncup Mekar

Abstrak

Kelompok Wanita Tani (KWT) Kuncup Mekar di Desa Adat Sangket, Buleleng, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan ekosistem digital untuk usaha pertanian dan pangan mereka. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anggota KWT tentang teknologi digital, terutama dalam penggunaan website untuk branding dan pemasaran. Kegiatan meliputi sosialisasi dan pelatihan penggunaan website berbasis Point of Sale, digital branding, serta pembuatan konten promosi untuk website dan media sosial. Program ini mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM. Pelaksanaan terdiri dari perencanaan, perancangan aplikasi web, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Metode pelatihan meliputi ceramah, diskusi, dan simulasi, diakhiri dengan post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan peserta. Analisis hasil pengisian kuesioner menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan dapat memahami pentingnya promosi produk secara online, serta langkah-langkah penggunaan aplikasi berbasis website.

Referensi

Ardiana, K. (2024). Web Apps Point of Sale UMKM Terpadu Studi Kasus Kopi Mustika. Laporan Tugas Akhir, Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arumsari N.R., Lailyah N., Rahayu T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat.

Bluman, A.G. (2012). Elementary Statistic: A Step by Step Approach 8th ed. McGraw Hill Education.

Hamzah R.E. dan Putri C.E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas.

Jatmiko, N.S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat.

Prasetyo, T.M.D. dan Utomo, S.H. (2023). Pengaruh Ekonomi Digital Platform Digital dan Pemasaran Digital Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM Go Online di Kota Kediri. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Kementerian Keuangan (2023, Mei). UMKM Goes Digital. https://djpb.kemenkeu.go.id (diakses pada 25/03/2024).

Saragih L.S, Putriku A.E., Sari S.D., Laia Y.N., Syahputra Y. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Kontribusi Ekspor UMKM di Era 4.0. Jurnal Strategi Bisnis Teknologi.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##