PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU DALAM PENYUSUNAN LKPD SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 5 PENARUKAN

Penulis

  • Ni Luh Putu Agetania nagetania@undiksha.ac.id
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari
  • Kadek Ayu Astiti
  • Ni Luh Putu Mery Marlinda
  • Santi Ika Murpratiwi Universitas Mataram

Kata Kunci:

pelatihan, pendampingan, LKPD, Bahan Ajar

Abstrak

Kurikulum Merdeka yang mencerminkan kebebasan dalam merancang pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa. LKPD dalam konteks kurikulum merdeka dapat menjadi salah satu cara bagi guru untuk mengimplementasikan pendekatan tersebut dengan memberikan ruang lebih kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar dan minat mereka. Apabila LKPD dirancang dengan baik, ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan mencapai pencapaian yang lebih baik sesuai dengan potensi masing-masing. Pelaksanaan kegiatan pelatihan kepada guru-guru SD di SD Negeri 5 Penarukan sebagai upaya penerapan IPTEKS dalam program pengabdian masyarakat ini akan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun LKPD sebagai bahan ajar sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Tingkat keberhasilan diukur melalui beberapa pertanyaan berupa kuisioner yang diberikan kepada peserta pelatihan. Dari hasil delapan pertanyaan, 6 pertanyaan atau 75% pertanyaan dapat dijawab benar oleh peserta. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa hasil pelatihan dan pendampingan dapat dikatakan berhasil karena nilai keterampilan peserta di atas 80 dengan rata-rata 88,66. Nilai rata-rata 88,66 merupakan nilai yang sangat baik dan bisa ditarik kesimpulan bahwa Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Penyusunan LKPD Sebagai Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran di SD Negeri 5 Penarukan pelaksanaannya sudah sangat baik dan berjalan lancar.

Referensi

Akhsan, H., Sudirman, S., Ariska, M., Sapitri, S.L., & Pratiwi, S.M.V. (2022). Pelatihan Pembuatan LKPD Berbasis Projek Untuk Topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim untuk Guru Fisika MGMP Kabupaten Ogan Ilir. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(4)., 329-332. http://dx.doi.org/10.29303/jppm.v5i3.4065

Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pengembangan Sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Proses Pembelajaran IPA di SMP. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 67-76. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.85

Asmi, J. P. S. D. M. M. ; W., Rahmat, A. W., & Muhandaz, F. (2021). The Effectiveness of Project Based Learning Students Worksheet on Students’ Achievements in Two Variables Linear Equations System. Jurnal Pendidikan Sains and Matematika Malaysia, 11, 59–71. https://doi.org/10.37134/jpsmm.vol11.sp.6.2021

Dinda., Ambarita. A., Herpratiwi., & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712-3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439

Elwi, L.C., Festiyed., & Djamas.D. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education : Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 9, 97-104. http://dx.doi.org/10.24036/2521171074

Mulyani, Sri & Farida, F. Pengembangan LKPD Berorientasi Eksperimen dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 89-102. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.281

Murni, A.W. & Yasin, F.N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6196-6210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696

Nurdin, S., dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Pawestri, E & Zulfiati, H.M. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPS) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Surabaya: Togamas.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515

Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). The development of students’ worksheets using project based learning (PjBL) in improving higher order thinking skills (HOTs) and time management skills of students. Journal of Physics: Conference Series, 1806 (1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012173

Sari, K. A., Prasetyo, K., & Wibowo, W. S. (2017). Development Of Science Student Worksheet Based On Project Based Learning Model To Improve Collaboration And Communication Skills Of Junior High School Student. Journal of Science Education Research, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jser.v1i1.16178

Sari, L., Taufina., & Farida, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813.820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Sati & Mutmainah, I. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1041-1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4815

Setiawan, R. R., Suwondo, S., & Syafii, W. (2021). Implementation of Project Based Learning Student Worksheets to Improve Students’ Science Process Skills on Environmental Pollution in High Schools. Journal of Educational Sciences, 5(1), 130. https://doi.org/10.31258/jes.5.1.p.130-140

Setyowati, D., Mustaji, M., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 715–725. https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n2.P715-725

Susanti, A., Yuliantini, N., Dalifa, Lorenza, S., Kurniasih, H., & Darmansyah, A. (2023). Pelatihan Pengembangan LKPD Menggunakan Aplikasi Wizer. Me Berbasis Model ASSURE untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Guru Sekolah Dasar. I-Com: Indonesian Community Journal, (3(3)., 1152-1165. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.2991

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##