PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZGECKO DI SMA NEGERI BALI MANDARA

Penulis

  • Putu Yudia Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Dendi Maysanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gede Sunarya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Dhanu Driya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Teguh Dermawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kompetensi guru, QuizGecko, evaluasi berbasis teknologi, pengabdian masyarakat, evaluasi pembelajaran, peningkatan pembelajaran

Abstrak

Artikel ini membahas hasil dari program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun evaluasi berbasis teknologi menggunakan QuizGecko di SMA Negeri Bali Mandara. Pelatihan ini dilakukan sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat untuk mengatasi tantangan yang dihadapi guru dalam menyusun alat evaluasi secara efisien dan efektif. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan nilai rata-rata meningkat dari 68.39 menjadi 90.97, yang menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan platform QuizGecko untuk menyusun evaluasi yang lebih interaktif dan efisien. Selain itu, evaluasi menggunakan skala Likert mengungkapkan tingkat kepuasan yang tinggi dari peserta, dengan skor rata-rata 4.42, yang menunjukkan bahwa materi pelatihan dianggap relevan dan bermanfaat. Meskipun sebagian besar peserta memberikan tanggapan positif, beberapa aspek pelatihan memerlukan dukungan tambahan, khususnya bagi peserta yang mengalami kendala selama penerapan. Secara keseluruhan, pelatihan ini berpotensi meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran di sekolah dengan mengintegrasikan teknologi, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil pendidikan.

Referensi

Anwar, Aang Solahudin, Bambang Mardisentosa, and Alexander Williams. 2021. “The Role Of Technology In Education.” IAIC Transactions on Sustainable Digital Innovation (ITSDI) 3(1):36–40. doi: 10.34306/itsdi.v3i1.524.

Haleem, Abid, Mohd Javaid, Mohd Asim Qadri, and Rajiv Suman. 2022. “Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review.” Sustainable Operations and Computers 3(May):275–85. doi: 10.1016/j.susoc.2022.05.004.

Idrus L. 2019. “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran 9(2):920–35.

Lailan, Alfina. 2024. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 3(7):3257–62. doi: 10.55681/sentri.v3i7.3115.

Muyassaroh. 2024. “PENDAMPINGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS AI UNTUK GURU BAHASA.” Jurnal Inovatif Dan Kreatif Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):75. doi: http://dx.doi.org/10.55148/jik-pkm.v2i2.983.

Rabani, Salma, Annisaul Khairat, Xie Guilin, and Deng Jiao. 2023. “The Role Of Technology In Indonesian Education At Present.” Journal of Computer Science Advancements 1(2):85–91. doi: 10.55849/jsca.v1i1.403.

Trust, Torrey. 2018. “Why Do We Need Technology in Education?” Journal of Digital Learning in Teacher Education 34(2):54–55. doi: 10.1080/21532974.2018.1442073.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##