PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI GURU BAHASA JEPANG DI KABUPATEN BULELENG

Penulis

  • Yeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Satya Hermawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

media pembelajaran interaktif, bahasa Jepang, pelatihan

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu guru bahasa Jepang di Kabupaten Buleleng dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran interaktif bahasa Jepang. Peserta pelatihan sebanyak dua belas orang guru bahasa Jepang yang tergabung dalam MGMP Bahasa Jepang Kabupaten Buleleng. Metode yang digunakan yaitu diklat/pelatihan disertai diskusi, tanya jawab, dan unjuk kerja/praktik. Evaluasi kegiatan mencakup tiga aspek, yaitu evaluasi proses, evaluasi hasil, dan evaluasi program. Evaluasi proses melalui kegiatan observasi/pengamatan menunjukkan bahwa peserta berantusias selama pelatihan berlangsung. Evaluasi hasil menunjukkan bahwa peserta mampu membuat media pembelajaran interaktif bahasa Jepang dengan sangat baik. Selanjutnya, evaluasi program yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada peserta menunjukkan sikap positif terhadap kegiatan pelatihan.

 

Referensi

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti.

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press. Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219–231.

Parwati, I. N. et al., (2023). Media Pembelajaran Interaktif-Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Positif Siswa. Proceeding Senadimas Vol 8.

Rohani, A. (1997). Media Istruksional Edukaktif. Jakarta: Rineka Cipta.

Tafanao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Usman, M. Bassyiruddin dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 1(37), 27-33.

Laili, I., Ganefri., Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. JIPP: Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Lee, J., Lim, C., & Kim, H. (2017). Development of an Instructional Design Model for Flipped Learning in Higher Education. Education Tech Research Dev, 65, 427–453.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Diva Press.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Invotec, 9(2), 101–116.

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##