PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT BAGI GURUSEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DIGITAL SISWA DI GUGUS VI SUTASOMA

Penulis

  • I Gede Wahyu Suwela Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Tri Esaputra Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

kompetensi guru, ICT, literasi digital, pengembangan pembelajaran, pengabdian kepada masyarakat

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Gugus VI Sutasoma, Kecamatan Kubutambahan, dalam mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT) sebagai upaya memperkuat literasi digital siswa. Program ini mencakup beberapa tahapan, yaitu sosialisasi program, pelatihan, pendampingan penerapan teknologi dalam pembelajaran, dan rencana keberlanjutan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi guru dalam menggunakan ICT untuk pembelajaran, yang berimplikasi pada meningkatnya keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar. Meskipun beberapa kendala dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan adaptasi guru terhadap teknologi, program ini dinilai berhasil mendorong peningkatan literasi digital di kalangan siswa. Keberlanjutan program dijamin melalui pembentukan tim fasilitator teknologi di Kelompok Kerja Guru (KKG), yang terus memantau dan mendukung penerapan ICT di kelas.

Referensi

Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.3p.92

Baharudin, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid, 6(1), 1–26.

Boonprasom, C., & Sintanakul, K. (2020). The Development of Collaborative Learning Management System Using Problem-Based on Cloud Learning to Enhance Critical Thinking. 2020 7th International Conference on Technical Education (ICTechEd7), 13–18. https://doi.org/10.1109/ICTechEd749582.2020.9101249

Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-based chemistry learning media in the disruptive era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107

Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20260.

Jampel, I. N., & Widiana, I. W. (2017). Developing creative thinking ability and science concept understanding through SCSS problem solving oriented performance assessment teaching at primary schools. Ideas for 21st Century Education, 243–247.

Jampel, I. N., Widiana, I. W., & Juliantari, M. Y. (2017). Inovasi Pembelajaran Saintifik Dengan Snowball Throwing Dalam Proses Menanya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 128–137.

Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19

Milicevic, A., Woolfe, S., Blazely, A., Lenroot, R., & Sewell, S. (2020). Enhancing creativity through seven stages of transformation in a graduate level writing course—A mixed method study. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100712

Ratminingsih, N. M., Mahadewi, L., & Divayana, D. (2018). ICT-Based Interactive Game in TEYL: Teachers’ Perception, Students’ Motivation, and Achievement. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(9), 190–203.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Technology (ICT) Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1137

Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. 169(Icece 2017), 224–227. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.58

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik …. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261

Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Mäkitalo-Siegl, K. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology, 33(3), 15–31. https://doi.org/10.14742/ajet.3518

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##