PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU MELALUI GAMIFIKASI KONTEN BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHAN PEMBELAJARAN

Penulis

  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Eka Mertayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dessy Seri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Bendesa Subawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Andika Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Sugihartini Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Gamifikasi, Multimedia, Literasi Digital

Abstrak

Pentingnya peran guru dalam mencari cara untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Walaupun setiap siswa mempunyai tingkat kemampuan dasar yang berbeda-beda, namun seorang guru yang efektif harus mampu merangsang minat belajar siswa dan menjadikan proses pembelajaran  lancar dan aktif. Motivasi belajar yang kuat dari guru sangat penting untuk menumbuhkan semangat belajar siswa serta membantu mereka  memahami dan menguasai materi pelajaran. Namun kenyataannya masih banyak guru  sekolah dasar yang belum memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran secara optimal. Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran masih terbatas karena guru masih kurang memiliki keterampilan teknis, seringkali hanya sebatas membuat presentasi PowerPoint atau menayangkan video. Dampaknya adalah kurangnya multimedia yang memonopoli perhatian siswa dan  cepat bosan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di beberapa sekolah dasar di gugus Banyuning, mayoritas guru masih menggunakan buku teks dan LKS dalam pembelajaran, tanpa memanfaatkan potensi teknologi digital yang sudah ada. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki keterbatasan dalam keterampilan teknologi digital pembelajaran. Dua permasalahan pokok yang dihadapi adalah (1) kurangnya pemahaman guru terhadap literasi digital dalam mengembangkan bahan pembelajaran, serta (2) kekurangan keterampilan guru dalam mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang teknologi digital pembelajaran, terutama melalui pengembangan multimedia pembelajaran. Ini dianggap penting mengingat pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan menghindari siswa yang pasif di dalam kelas.

Referensi

El-Adl, A., & Alkharusi, H. (2020). Relationships between self-regulated learning strategies, learning motivation and mathematics achievement. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i1.4461

Krijger, P. H. L., Geeven, G., Bianchi, V., Hilvering, C. R. E., & de Laat, W. (2020). 4C-seq from beginning to end: A detailed protocol for sample preparation and data analysis. Methods. https://doi.org/10.1016/j.ymeth.2019.07.014

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DALAM PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KONSEP PELAJARAN FISIKA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592

Mertayasa, I. N. E. (2019). E-Modul Interaktif Berorientasi VAK Content Mata Pelajaran Komunikasi Data. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8, 208–217.

Mertayasa, I. N. E., Subawa, I. G. B., Agustini, K., & Wahyuni, D. S. (2021). Impact of cognitive styles on students ’ psychomotoric abilities on multimedia course practicum Impact of cognitive styles on students ’ psychomotoric abilities on multimedia course practicum. International Conference on Vocational Education and Technology (IConVET) 2020, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012056

Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self-efficacy, and blended learning on students’ achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Plotagon. Indonesian Language Education and Literature. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Selman, Y. F., & Jaedun, A. (2020). Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Setiawan, T. H., Aden, A., & Rahman, A. N. (2020). PELATIHAN DARING TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i01.6904

Sinaga, M. S., Situmorang, M. S., & Hutabarat, W. H. (2019). Implementation of innovative learning material to improve students competence on chemistry. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research. https://doi.org/10.5530/ijper.53.1.5

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##