PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MESATUA BALI SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA

Penulis

  • I Putu Windu Mertha Sujana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Trisna Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Yudana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Profil Pelajar Pancasila, satua bali, pendidikan, media digital

Abstrak

Pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1, 3, dan 4 Singaraja memiliki tujuan untuk: 1) memberikan informasi melalui pemanfaatan teknologi, kepada siswa di sekolah mitra berkaitan dengan Profil Pelajar Pancasila; 2) menanamkan rasa tanggung jawab pada diri siswa untuk melestarikan tradisi dan budaya Bali; 3) mengasah keterampilan siswa dalam menulis naskah satua bali dan menyampaikannya di khalayak umum dengan memuat enam dimensi Profil Pelajar Pancasila; 4) menghasilkan produk satua bali digital untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila di jenjang pendidikan menengah.  Kegiatan pengabdian ini dilalui melalui beberapa tahapan dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan menggunakan tiga metode, yaitu 1) metode diklat; 2) metode pendampingan dan unjuk kerja (showcase); dan 3) metode evaluasi dan refleksi. Pengabdian ini menghasilkan manfaat bagi siswa SMA Negeri 1, 3, dan 4 Singaraja, yaitu: 1) siswa mendapatkan pengalaman serta memiliki sikap percaya diri untuk membawakan satua bali; 2) guru Pancasila memiliki alternatif media pembelajaran berupa satua digital untuk menanamkan nilai Profil Pelajar Pancasila; 3) guru dan siswa memiliki rasa mencintai dan keinginan melestarikan budaya lokal bali; dan 4) satua bali yang dibawakan mampu memperkuat Profil Pelajar Pancasila pada diri siswa pada dimensi 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Secara umum pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di SMA Negeri 1, 3, dan 4 Singaraja berjalan lancar dan dapat menjadi contoh bagi kepala sekolah dan guru-guru dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila

Referensi

Arifin, Z. (2019). “Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila.” Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 127-136.

Aunillah, I.N. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Dhofier, Z. (2019). Menggagas Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Jurnal Pendidikan Karakter,9(2), 137-144.

Samani, M dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujana,I.P.W.M. (2022). Pengembangan Modul Pendidikan Kewarganegaraan Elektronik Berbasis Budaya Spiritual bagi Generasi Muda Hindu dalam rangka Pembinaan Dharma Agama dan Dharma Negara pada Perguruan Tinggi di Bali. S3 Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Sujana, I.P.W.M. (2023). Electronic Module Design of Civic Education for the Development of Dharma Agama and Dharma Negara. Proceedings of the 4th Annual Civic Education Conference, 457-468. Doi. 10.2991/978-2-38476-096-1_51

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##