TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21: AKTIVITAS PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ni Luh Putu Era Adnyayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Adi Jaya Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kerti Nitiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Gd Rahayu Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Transformasi Pendidikan, Aktivitas Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Abad 21

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi di era global menuntut adanya transformasi pendidikan di abad 21. Transformasi tersebut dapat dilakukan dengan mengimplementasikan aktivitas pembelajaran inovatif mulai dari level sekolah dasar. Diharapkan Transformasi Pendidikan dapat menjawab permasalahan-permasalahan mendasar, seperti: keterbatasan pemahaman guru terhadap model pembelajaran inovatif, kurangnya media dan fasilitas pendukung aktivitas pembelajaran inovatif, kurangnya pelatihan berkelanjutan, serta keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Oleh sebab itu, program pelatihan dan pendampingan untuk guru khususnya dalam menerapkan Aktivitas Pembelajaran Inovatif di tingkat sekolah dasar sangat perlu dilakukan. Program ini sangat sesuai dengan implementasi MBKM karena mendukung pelaksanaan transformasi pendidikan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilakukan dengan 2 metode, yaitu secara daring dan luring. Secara tatap muka, kegiatan pelatihan dilakukan untuk membantu guru merancang dan mengembangkan aktivitas pembelajaran inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan secara daring.

Referensi

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Febiyanti, N. W., Nitiasih, P. K., Budiarta, L. G. R., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2021). Significant Effect of Project Based Learning Video on Students’ Listening Skill in Pandemic Situation. International Journal of Elementary Education, 5(2), 425. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.34901

Febrianto, P. T., Maureen, I. Y., & Bachri, B. S. (2023). Evaluation of MBKM Program Implementation in Elementary Schools. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 16(3), 509–526. https://doi.org/10.21107/pamator.v16i3.20278

Kai, S., Chu, W., Reynolds, R. B., Tavares, N. J., & Notari, M. (2017). 21st Century Skills Development Through Inquiry- Based Learning (. Ross J. Todd (ed.); 1st ed.). Springer Nature.

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. C.E.S 2022 Conference of Elementary Studies, 14–23.

Pinatih, I. G. A. D. P., Nitiasih, P. K., Budiarta, L. G. R., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2021). Boosting students’ speaking skill in the pandemic era using problem based learning video. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(5), 893–899. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/project/article/view/7281

Putri, N. K., Nitiasih, P., Budiarta, L., Adnyayanti, N. L., & Putra, I. N. (2021). The Development of HOTS Worksheet for Sixth-Grade Elementary School Students in Learning English. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 216–224. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p216

Rosidin, U. (2024). The Implementation of Dynamic Society Oriented 6c Skills Assessment Instruments in Case Method and Team Based Project Learning. JISAE (Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation), 10, 22–31. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jisae/article/view/43879/17013

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##