BUKAN SERAGAM TAPI BERAGAM; PENTINGNYA PELATIHAN PENGGUNAAN ASESMEN BERDIFERENSIASI UNTUK GURU SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Asesmen Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Pembelajaran Sekolah DasarAbstrak
Salah satu bentuk asesmen yang tepat diterapkan dalam menjawab tantangan di Kurikulum Merdeka adalah Asesmen Berdiferensiasi. Asesmen berdiferensiasi merupakan salah satu jenis penilaian yang mampu mengakomodasi perbedaan yang dimiliki siswa. Tipe diferensiasi yang dapat dianalisis berdasakan kebutuhan siswa adalah diferensiasi dari gaya belajar siswa (VARK). Sayangnya, berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa guru-guru di sekolah dasar hanya terbiasa dengan pendekatan asesmen yang seragam untuk semua siswa. Sedangkan, asesmen dengan pendekatan bervariasi berdasarkan potensi dan gaya belajar siswa belum lumrah dipahami oleh guru. Kegiatan pelatihan dan pendampingan terkait Penggunaan Asesmen Bediferensiasi untuk Guru Sekolah Dasar sangat penting untuk dilaksanakan. Kegiatan ini mengkombinasikan 2 metode, yaitu pelatihan secara daring dan luring. Pelatihan luring dilakukan dengan memberikan dasar-dasar Asesmen Berdiferensiasi serta penerapannya. Sedangkan proses selanjutnya dilakukan secara daring, meliputi: kegiatan pendampingan, refleksi, dan juga proses evaluasi baik produk yang dilakukan selama kegiatan pelatihan maupun evaluasi proses jalannya pelatihan dan pendampingan.
Referensi
Adnyayanti, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Dantes, N. (2013). ANALYSIS OF AUTHENTICITY OF TEACHERS’ MADE ASSESSMENT AND ITS CONTRIBUTION TO STUDENTS’ ENGLISH ACHIEVEMENT (A STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOLS IN BULELENG REGENCY). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1.
Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. 9(3), 1608–1616. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Sambeka, Y., Nahadi, & Sriyati, S. (2017). Implementation of authentic assessment in the project based learning to improve student’s concept mastering. AIP Conference Proceedings, 1848(May). https://doi.org/10.1063/1.4983980
Sari, A. P., Agustini, D. A. E., & Adnyani, L. D. S. (2020). The Implementation of English Teacher’s Differentiated Instruction to Disabled Student in an Inclusive School. IJDS Indonesian Journal of Disability Studies, 7(2), 170–182. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2020.007.02.06
Sintayani, N. L., & Adnyayanti, N. L. P. E. (2022). Analysis of Self-Assessment Effect on EFL Students’ Speaking Performance. Journal of Educational Study, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.263
Subagja, S., & Rubini, B. (2023). Analysis of Student Learning Styles Using Fleming’s VARK Model in Science Subject. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.36987/jpbn.v9i1.3752
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.