PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEHNIK MELAYANI TAMU SESUAI STANDAR PADA GURU SMKN 1 NUSAPENIDA
Kata Kunci:
Pelatihan, media pembelajaran, teknik melayani tamuAbstrak
Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Teknik Melayani Tamu Sesuai Standar Squences Pada Guru Keahlian Kuliner di SMKN 1 Nusa Penida bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang pengembangan teknik melayani tamu kepada para guru khususnya guru produktif kuliner. Selain itu guru belum memiliki media pembelajaran yang tepat dalam melayani tamu. Metode pendekatan yang diterapkan dalam program ini, dengan menggunakan metode ceramah, pelatihan dengan pendampingan selama mengembangkan media berupa video pembelajaran tehnik melayani tamu. Substansi materi pelatihan yang akan diberikan oleh pakar bidang Tata kuliner yaitu pentingnya teknik melayani tamu. Melalui pelatihan dan pendampingan media pembelajaran Teknik Melayani Tamu Sesuai Standar Squences Pada Guru Keahlian Kuliner di SMKN 1 Nusa Penida, dapat dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan, sehingga mampu memotivasi para guru keahlian kuliner untuk menggali dan mengembangkan potensi-potensi bidang kuliner dalam materi pembelajaran praktikum
Referensi
Abdul Muis Joenaidy. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0 (I; Jumadiy Awanie, ed.). Yogyakarta: Laksana.
Abiyoga, B., & Rahmiati, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 284. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41038
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa SMK. Engineering And Technology International Journal, XIII(2), 8.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi En-Alter Sources berbasis Aplikasi Powtoon materi sumber energi alternatif sekolah dasar. 5(4), 2530–2540.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Galih Pranowo. (2021). Monograf Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Kelas Nautika (I; S. Fauziyah, ed.). Jawa Tengah: Lakeisha.
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Jamaludin, … Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (1st ed.; T. Limbong, ed.). Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., … Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran (M. P. Dr fatma Sukmawati, ed.). pertmana: Tahta Media Group.
Kristiyanto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Development Of Comic Media On Learning Theme 7 Sub- Theme 4 In Third Grade Elementary Schools. 4(4), 530–536.
Maivi, C. S., Ganefri, G., & Sukardi, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Tkj Di Smk N 2 Pekanbaru. Informatika, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.36987/informatika.v9i1.2092
Muhammad Hasan, I Milawati, Darodjat, I., Tuti Khairani Harahap, I Tasdin Tahrim, I. A. M. A. I. A. R., & I Masdiana, I. M. I. P. (2021). Medai Pembelajaran (M. P. Dr fatma Sukmawati, ed.). pertmana: Tahta Media Group.
Octavina, M. T., & Susanti. (2021). Pengembangan media interaktif program lectora inspire berbasis android pada materi jurnal penyesuaian perusahaan Jasa kelas XI Akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 142. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i2.34341
Purniasih, N. K. D., Darmawiguna, I. G. M., & Agustini, K. (2020). Pengembangan media pembelajaran sumber energi berorientasi gamifikasi untuk siswa kelas 4 north Bali bilingual school. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 1–10.
Putu, N., Angga, D., Putri, M., & Suartama, I. K. (2022). Modul pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti kelas VI sekolah dasar. 10(1), 184–194.
Reigeluth, C. M., & Merrill, M. D. (1978). A Knowledge Base For Improving Our Methods of Instruction. Educational Psychologist, 13(1), 57–70. https://doi.org/10.1080/00461527809529195
Rejeki, Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 337–343.
Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231
Sudarma, I. K., Tegeh, I. M., & Prabawa, D. G. A. P. (2015). Desain Pesan: kajian Analisis Desain Pesan (Teks dan Image) (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia pembelajaran (Pertama). Yogyakarta: Media Akademi.
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip aplikatif, dan perancangannya. In Media Pembelajaran.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.