AKSELERASI TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI INTERVESI PENGUATAN SDM DAN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU

Penulis

  • I Made Sugiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Ketut Meirawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Pasek Suryawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarsana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

rapor pendidikan, pembelajaran terdiferensiasi, literasi, numerasi

Abstrak

Latar belakang PkM ini adalah permasalahan yang dialami SD-SD di Gugus II Kecamatan Kubu berkaitan rendahnya capaian mutu pada rapor pendidikan. Ada 3 indikator yang belum mencapai kategori baik yaitu literasi, numerasi dan kualitas pembelajaran. Akar masalahnya adalah rendahnya kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran paradigma baru yang menguatkan literasi dan numerasi. Tujuan PkM ini adalah untuk (i) meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang menguatkan literasi dan numerasi, dan (ii) meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran paradigma baru yang berpihak pada keragaman siswa. Metode Pelaksanaan PkM ini adalah model participatory rural appraisal, model technology transfer, dan pelatihan. Solusi pemecahan yang dipilih mengadopsi pola intervensi pada program sekolah penggerak berupa intervensi penguatan SDM dan pembelajaran paradigma baru dalam bentuk 2 kali pelatihan dan 3 kali pendampingan. Pelatihan 1 tentang strategi pelatihan mandiri di PMM, pelatihan 2 tentang implementasi pembelajaran paradigma baru. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa peserta telah mampu mengusun aksi nyata dalam pelatihan mandiri PMM dengan kualitas “Layak Unggah”dan peserta juga telah mampu membuat modul ajar terdiferensiasi yang menguatkan literasi dan numerasi dengan kualitas “Baik”.

Referensi

Bergeron, G. (1999). Rapid appraisal methods for the assessment, design, and evaluation of food security programs. Technical Guide, 6, 62.

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Antoro, B., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., … Setiakarnawijaya, Y. (2021). Panduan penguatan literasi dan numerasi di sekolah.

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2012). Numeracy across the curriculum. Australian Mathematics Teacher, The, 68(1), 3–7.

Goos, M., Geiger, V., Dole, S., Forgasz, H., & Bennison, A. (2020). Numeracy across the curriculum: Research-based strategies for enhancing teaching and learning. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781003116585

Hartanto, S., Gunoto, P., Shalehoodin, S., & Wicaksono, A. (2023). Efektifitas Program Sekolah Penggerak Melalui Peningkatan Potensi Berbasis Karakteristik Satuan Pendidikan Di Sma Negeri 1 Bintan Pesisir. MINDA BAHARU, 7(2), 139–149.

Husna, N. M., Isnarto, I., Suyitno, A., & Shodiqin, A. (2022). Integrasi Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 841–845.

Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156–164.

Rubiherlan, Y., Pristi, M., Nursanti, F. E., Handayani, S., & Muchtar, H. S. (2024). Pemanfaatan Rapor Pendidikan Pada Pengembangan Program di SDN Puncak 2. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 165–169.

Smith, B. J., & Blecher, H. (2023). Write to be Read: Informed Methods for Engaging Students as Writers. Rowman & Littlefield.

Suarsana, I. M., Pujawan, I. G. N., & Suwena, K. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Live Worksheets Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru-Guru Smp Negeri 3 Tembuku. Proceeding Senadimas Undiksha, 902.

Sugiarta, I. M., Suarsana, I. M., & Suwena, K. R. (2021). Pelatihan Inovasi Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru Sd Di Wilayah Desa Tembuku, Bangli. Proceeding Senadimas Undiksha, 1309.

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms. Ascd.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##