PENYUSUNAN E-ASESMEN DIAGNOSTIK DAN P5 KURIKULUM MERDEKA PADA GURU-GURU SMP
Kata Kunci:
pelatihan, asesmen diagnostik, asesmen P5Abstrak
Berdasarkan identifikasi masalah bahwa: (1) guru-guru belum mengetahui lebih mendalam tentang asesmen diagnostik dan P5, (2) guru-guru masih jarang membuat instrumen asesmen diagnostik dan P5. Berdasarkan temuan tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan ini, yaitu meningkatkan pengetahuan guru-guru di SMP Negeri 1 Sukasada dalam membuat instrumen asesmen diagnostik dan P5 berbasis elektronik. Keterampilan ini akan sangat berguna bagi guru-guru dalam tuntutan kurikulum merdeka dan menyiapkan anak didik agar siap menghadapi tuntutan abad 21. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam dua tahapan, yaitu tahap pelatihan umum dan pendampingan. Pelatihan umum bertujuan memberikan pengetahuan secara teoretis tentang asesmen nasional dalam kurikulum merdeka, asesmen diagnostik, asesmen P5 dan aplikasinya. Kegiatan pendampingan bertujuan membantu guru-guru untuk menyelesaikan e-asesmen diagnostik dan P5 secara intensif. Jumlah guru yang terlibat dalam pelatihan adalah 21 orang. Metode pelatihan adalah ceramah, diskusi tanya jawab, praktik, dan penugasan. Instrumen yang digunakan mengukur peningkatan pengetahuan peserta adalah tes. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan uji Wilxocon. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru-guru. Rerata pengetahuan sebelum pelatihan 78,80 dan meningkatkan menjadi 92,61 setelah pelatihan
Referensi
Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18012
Antara, I. G. W. S., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/ijerr.v3i2.25869.g15588
Arikunto, S. (2022). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (Edisi revisi). Bumi Aksara.
Asfiati, A., & Mahdi, N. I. (2020). Merdeka Belajar bagi Anak Kebutuhan Khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 59. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620
Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270
Depdiknas. (2007). Tes diagnostik. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dick, W., & Carey, L. (2005). The systematic design of instruction (6th ed.). Scott, Foresman and Company.
D.M. Andikayana, N. Dantes, & I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622
Emblen-perry, K. (2023). Auditing a case study : Enhancing case-based learning in education for sustainability. Journal of Cleaner Production, 381(P1), 134944. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.134944
Gholami, M., Changaee, F., Karami, K., & Shahsavaripour, Z. (2021). Effects of multiepisode case-based learning ( CBL ) on problem-solving ability and learning motivation of nursing students in an emergency care course. 37(October 2020), 612–619.
Krisnawati, N. M. A. S., & Parmiti, D. P. (2023). Implementation of P5 in the Merdeka Curriculum towards Strengthening the Character of Love for the Motherland. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 210–219. https://doi.org/10.23887/PAUD.V11I2.64995
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I4.3139
Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. W. (2022). Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Nur, D., Rahayu, O., Sundawa, D., Wiyanarti, D. E., Ilmu, P., Sosial, P., Pendidikan, F., & Sosial, I. P. (2023). PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MASYARAKAT GLOBAL. Visipena, 14(1), 14–28. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/2035
Penyusunan asesmen projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar Kabupaten Tanah Datar | Adi | JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). (n.d.). Retrieved March 28, 2024, from https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/3401
Sahari, S. (2021). Memanfaatkan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mendesain Multimodal Learning Aqidah Akhlak di MTs Hidayaturrahman NW Menggala. Jurnal Paedagogy, 8(4), 512–521.
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
Stephen Oyeyemi Adenle, & Ughelu, J. N. L. (2019). Impact of instructional media on academic performance of students in basic science and technology in education district i of lagos state. International Journal of Educational Research, 6(2), 49–58.
Sugiarto, S., Adnan, Aini, R. Q., Suhendra, R., & Ubaidullah. (2023). Pelatihan implementasi asesmen diagnostik mata pelajaran bahasa indonesia bagi guru sekolah dasar di kecamatan taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80.
Sukardjo. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Buku Pegangan Kuliah. PPs Universitas Negeri Yogyakarta.
Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116–129. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397
Suparman, M. A. (2012). Desain instruksional modern. Erlangga.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886
Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, Oktober, 1–7.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.