PEMANTAPAN MATERI AJAR DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD NEGERI 2 PADANGBULIA

Penulis

  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Mahayukti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Materi Ajar, Soal Hots Matematika, Startegi Pembelajaran Matematika

Abstrak

Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 6 September 2024, di SDN 2 Padangbulia, Sukasada. Peserta kegiatan adalah guru kelas yang berjumlah 9 orang. Kegiatan ini dilaksanakan merespon permasalahan yang dihadapi oleh SDN 2 Pdangbulia berkaitan dengan penyelesaian soal-soal hots matematika. Solusi dari masalah tersebut dilaksanakan melalui 2 tahap yaitu: 1. Penyampaian strategi pemecahan soal-soal hots matematika dan strategi pembelajarannya dan 2. Pengayaan soal-saol dengan metode diskusi. Hasil dari kegiatan menujukkan hal yang positif, yaitu: 1. Respon positif dari guru selama kegiatan, yang dapat dilihat dari keaktifan guru selama kegiatan, dan 2. Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyelesaikan soal, yang dapat dilihat dari peningkatan rata-rata dari pretest ke posttest. Secara umum dapat diaktakan kegiatan ini telah berhasil meningkatkan pemahaman materi ajar matematika guru-guru SD N 2 Padangbulia.

Referensi

Afidati, M., & Nur Malasari, P. (2023). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna Menggunakan Pendekatan Teori Kognitivisme. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.67

Damayanti, F. (2024). Metode Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(3), 581–591.

Hafriani. (2019). ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MATEMATIKA BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI DI KABUPATEN ACEH BARAT. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 20(1), 58–68.

Indriani, N., Aisya, A. N., & Elok, F. N. (2021). Pembelajaran Satu Arah Menyebabkan Pembelajaran Matematika Tidak Bermakna. Jurnal Amal Pendidikan, 2(3), 196–202.

Mahayukti, G. A., Sudiarta, I. G. P., Putu, N., & Puspa, N. (2023). SISWA MELALUI PENYEGARAN DAN PENDAMPINGAN MATERI MATEMATIKA BAGI GURU SD NEGERI 1 BAKTISERAGA. 8(November), 1902–1906. https://conference.undiksha.ac.id/senadimas/2023/prosiding/file/274.pdf

Mahayukti, G. A., Sukajaya, I. N., & Sudiarta, I. G. P. (2022). PENYEGARAN MATERI AJAR PECAHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GEOGEBRA BAGI GURU SD DI DESA GUBUG TABANAN. Jurnal Widya Laksana, 11(1), 118–127.

Ndiung, S., Statianin, T. A., Jehadin, V., & Norman, A. S. (2022). ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SEKOLAH DASAR. PRIMARY : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(5), 1491–1503.

Payu, Y. (2016). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika SMA Kota Gorontalo Melalui Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Entropi Volume, 11(2), 121–131.

Putri, A. V., & Komariah. (2022). UPAYA GURU DALAM MENANGANI LEARNING LOSS SEBAGAI DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(11), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i11.59473

Suardi, S., EL Hakim, L., & Aziz, T. A. (2022). Kesalahan-Kesalahan Siswa pada Materi Pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201

Suarsana, I. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Bagi Kelompok Kerja Guru Sd Gugus Vi Kecamatan Kubu Tambahan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 833–840. http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/232/107

Utami, A. P., & Wandini, R. R. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI di SDN 106810 Sampali. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 30566–30572.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##