PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMODAL UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS SD DI GUGUS 2 TEJAKULA
Kata Kunci:
Media pembelajaran, Multimodal, FlipbookAbstrak
Berdasarkan hasil pengamatan penulis di sekolah mitra, kemampuan guru-guru dalam mendesain media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan siswa yang beragam masih rendah sehingga berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Maka dipandang perlu untuk mengadakan pelatihan pengembangan Flipbook sebagai media pembelajaran multimodal dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pelatihan dan pendampingan diberikan kepada guru-guru sekolah dasar di Gugus II Tejakula. Metode dalam kegiatan ini adalah pelatihan, diskusi dan pendampingan. Pada akhir kegiatan, guru-guru diberikan kuesioner untuk menganalisis pendapat mereka mengenai pelatihan yang diberikan. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa dari pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan bahwa guru-guru memberikan respon positif terhadap pelatihan yang diberikan serta semua guru berencana untuk menggunakan Flipbook dalam proses pembelajaran. Selain itu, kemampuan guru dalam merancang Flipbook juga dalam kriteria Baik. Diharapkan, semua guru dapat secara konsisten mendesain media pembelajaran Flipbook yang dapat mengakomodasi keragaman kebutuhan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Referensi
Abidin, Y. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920
Altas, B. (2014). A Case Study of Multimodal Presentation of Selected Stage Play Literature in a Multimedia Environment. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 116, 1726–1734. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.463
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Devi, S. I., Amir, Z., & Krish, P. (2014). Deployment of Multimodal Tools by Net Geners: The Avatars of the Multiliterate World. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 118, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.013
Dewi, M. A. M. (2023) PENGEMBANGAN FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Isnaeni, I., & Agustina, Y. (2018). an increase in learning outcomes for students is through the development of archive e-module based on the flipbook with a discovery learning model. Jurnal pendidikan bisnis dan manajemen, 4(3), 125–129 https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p125
Melati, E., Fayola, A., Hita, I., Saputra, A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 6(1), 5328-5339. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714
Said, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194-202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300
Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi bahasa Indonesia: persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), 971-990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725
Utomo, F. T. S. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8 (2). DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.