PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMODAL UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS SD DI GUGUS 2 TEJAKULA

Penulis

  • Luh Indrayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • IGA Lokita Purnamika Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Dian Kresnawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Trika Adi Ana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Media pembelajaran, Multimodal, Flipbook

Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan penulis di sekolah mitra, kemampuan guru-guru dalam mendesain media pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan siswa yang beragam masih rendah sehingga berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Maka dipandang perlu untuk mengadakan pelatihan pengembangan Flipbook sebagai media pembelajaran multimodal dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pelatihan dan pendampingan diberikan kepada guru-guru sekolah dasar di Gugus II Tejakula. Metode dalam kegiatan ini adalah pelatihan, diskusi dan pendampingan. Pada akhir kegiatan, guru-guru diberikan kuesioner untuk menganalisis pendapat mereka mengenai pelatihan yang diberikan. Hasil analisis kuesioner menunjukkan bahwa dari pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan bahwa guru-guru memberikan respon positif terhadap pelatihan yang diberikan serta semua guru berencana untuk menggunakan Flipbook dalam proses pembelajaran. Selain itu, kemampuan guru dalam merancang Flipbook juga dalam kriteria Baik. Diharapkan, semua guru dapat secara konsisten mendesain media pembelajaran Flipbook yang dapat mengakomodasi keragaman kebutuhan siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Referensi

Abidin, Y. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1920

Altas, B. (2014). A Case Study of Multimodal Presentation of Selected Stage Play Literature in a Multimedia Environment. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 116, 1726–1734. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.463

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Devi, S. I., Amir, Z., & Krish, P. (2014). Deployment of Multimodal Tools by Net Geners: The Avatars of the Multiliterate World. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 118, 94–101. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.013

Dewi, M. A. M. (2023) PENGEMBANGAN FLIPBOOK INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Isnaeni, I., & Agustina, Y. (2018). an increase in learning outcomes for students is through the development of archive e-module based on the flipbook with a discovery learning model. Jurnal pendidikan bisnis dan manajemen, 4(3), 125–129 https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p125

Melati, E., Fayola, A., Hita, I., Saputra, A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 6(1), 5328-5339. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714

Said, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194-202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300

Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi bahasa Indonesia: persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(4), 971-990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725

Utomo, F. T. S. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8 (2). DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##