OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PJOK DENGAN MODEL PBL DAN PJBL: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BAGI GURU SD KECAMATAN KINTAMANI
Kata Kunci:
Pelatihan, Model Pembelajaran, PBL, PjBL, PJOKAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru PJOK SD dalam merencanakan dan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL) dalam pembelajaran PJOK. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, diskusi, pendampingan, evaluasi hasil dan tindak lanjut hasil. Berdasarkan hasil analisis data yang diperolah nilai test akhir menunjukkan nilai presentase 89% peserta memahami materi yang disampaikan narasumber, 100% peserta mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan, dan 100% peserta mengumpulkan modul ajar pembelajaran PJOK berbasis PBL atau PjBl. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru-guru PJOK SD dalam merencanakan dan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan project based learning (PjBL) dalam pembelajaran PJOK khususnya di SD dan telah dapat membuat perencanaan dan mengimplementasikan model-model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan kualitas, meningkatkan profesionalitas guru, dan mempersiapkan guru menghadapi tuntutan pembelajaran kurikulum merdeka.
Referensi
Dhiana Putra, I. K. A., I Putu Darmayasa, & Ni Luh Putu Spyanawati. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Teknik Dasar Chest Pass dan Bounce Pass Bola Basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.57772
Erfan, M. (2017). Peran guru penjas terhadap kebugaran (kesegaran) jasmani siswa. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 184–192.
Furqoni, R. S., & Wisnu, H. (2015). Peranan Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembelajaran Pendidikan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Se Subrayon 06 Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 249–253.
Ginanjar, H., Septiana, T., Ginanjar, D., & Agustin, S. (2021). Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor-faktor Kunci dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).
Hanief, Y. N., & Himawanto, W. (2017). (2017). Statistik pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
I Gusti Made, S., I Putu, P. A., & I Gede, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Permainan Bola Besar (Sepak Bola-Teknik Dasar Passing). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 546–553. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52232
Jabar;, A. &. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kartini, R. S. (2023). Metode Permainan Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lari Pada Siswa Kelas III SDN Oro-Oro Ombo 03 Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(3), 1442–1466.
Muhadi, Z. I., Muhammad, H. N., & Kogoya, T. (2024). Identifikasi keterlaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pjok di smpn 2 sidoarjo. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1). https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27865
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388.
Raaiyatini, M. A., & Arifin, S. (2023). Penerapan model PjBL dalam pembelajaran pasing bawah bola voli. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 62. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16327
Zoki, A., & Prasetiyo, R. (2023). SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 146–150.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.