WORKSHOP MEDIA PEMBEALAJARAN KETERAMPILAN DASAR SENAM LANTAI BERORIENTASI ICT TPACK UNTUK GURU PJOK SD KECAMATAN NUSA PENIDA

Penulis

  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Happy Kardiawan Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

PJOK, ICT TPACK, senam lantai

Abstrak

Pemahaman dan pengetahuan Guru PJOK SD Kecamatan Nusa Penida masih terbatas terkait media pembelajaran berorientasi ICT TPACK dan masih terbatas terkait pengetahuan dalam menyusun tugas gerak yang variatif materi senam lantai SD. Tujuan kegiatan PkM inia dalah  memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang media pembelajaran berorientasi ICT TPACK dan menyusun tugas gerak yang variatif. Khalayak sasaran berjumlah 32 orang, melibatkan KKG PJOK SD Kecamatan Nusa Penida. Metode berupa wokshop secara luring. Berdasarkan evaluasi efektivitas wokshop, sebanyak 25 orang (78,13%) menyatakan sangat baik dan 7 orang lainnya (21,88%) menyatakan baik. Simpulan PkM ini adalah wokshop media pembelajaran keterampilan dasar senam lantai berorientasi ICT TPACK telah berlangsung dengan lancar, dan sukses. Hasil wokshop menunjukkan bahwa semua peserta telah memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang media pembelajaran keterampilan dasar senam lantai berorientasi ICT TPACK, peserta wokshop mampu menyusun tugas gerak variatif, serta peserta sangat antusias melaksanakan implementasi media pembelajaran keterampilan dasar senam lantai berorientasi ICT TPACK.

Referensi

Adi, S. (2018). Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam. Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Keolahragaan. Malang. file:///C:/Users/UMUM/Downloads/9190-19998-1-SM.pdf

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Jannah, R., Mulyani, S., Ulfa, M., Saputro, S., Yamtinah, S., & Masykuri, M. (2019, December). Investigation of chemistry preservice teachers’ understanding of technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK). In AIP Conference Proceedings (Vol. 2194, No. 1, p. 020045). AIP Publishing LLC. https://aip.scitation.org/doi/abs/10.1063/1.5139777

Lynch, T., & Soukup, G. J. (2016). Physical education, “health and physical education”, “physical literacy” and “health literacy”: Global nomenclature confusion. Cogent Education, 3(1), 1217820. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1217820

Prasetya, Ary Budhi. 2016. Pengembangan Media Alat Bantu Kayang Pembelajaran Senam Lantai file:///C:/Users/acer/Downloads/7253-Article%20Text-26834-2-10-20180414.pdf

Permatasari, Dini Aji., dkk. 2012. Pembelajaran Roll Depan Menggunakan Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/download/436/484/

Rink, J. E., & Hall, T. J. (2008). Research on effective teaching in elementary school physical education. Elementary School Journal, 108(3), 207–218. https://doi.org/10.1086/529103

Silverman, S. (2011). Teaching for Student Learning in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 82(6), 29–34 https://doi.org/10.1080/07303084.2011.10598642

Simanjuntak, Victor G., Kaswari, & Supriatna, Eka. 2008. Buku Ajar Paradikma Baru Pembelajaran PJOK. Singaraja: Undiksha Press.

Titting, Fellyson, dkk. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMA file:///C:/Users/acer/Downloads/13448-Article%20Text-27217-1-10-20170313.pdf

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##