PENGGUNAAN APLIKASI AI CHATGPT BERORIENTASI DIGITAL LITERASI DALAM PENYUSUNAN TEKS BACAAN BAGI GURU-GURU DI SDN 5 LES TEJAKULA

Penulis

  • Rai Wisudariani Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha
  • Sang Ayu Putu Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Wahyu Mahaputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Sri Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Barustyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Astra Negara Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

aplikasi AI ChatGPT, literasi digital, teks bacaan

Abstrak

Tujuan pelatihan dan pendampingan ini adalah menambah wawasan guru tentang aplikasi AI ChatGPT dan meningkatkan keterampilan para guru dalam menggunakan aplikasi AI ChatGPT berorientasi literasi digital dalam penyusunan teks bacaan bagi guru-guru di SDN 5 Les Tejakula. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, demonstrasi, dan penugasan. Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta pelatihan sudah mampu merancang teks bahan bacaan anak dengan memanfaatkan aplikasi ChatGPT, memasukkan instruksi dengan tepat, menyesuaikan bahan bacaan hasil ChatGPT dengan capaian pembelajaran dan pembentukan karekter yang diharapkan. Hasil evaluasi program menunjukkan 100% guru peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan antusias. Aplikasi yang digunakan mampu diaplikasikan dengan baik dalam pembelajaran. Kegiatan ini mendukung program sekolah dalam mengatasi masalah pembinaan program literasi secara berkelanjutan. Pelatihan dan pendampingan ini juga telah mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif sivitas sekolah terhadap budaya literasi.

Referensi

Faiz, A., & Kurniawaty, I. 2023. Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779%0Ahttps://garuda. kemdikbud.go.id/documents/de tail/3342451

Hikmawati, N., Imam Sufiyanto, M., & Jamilah. 2023. Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence) dalam Manajemen Kurikulum SD/MI. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–16. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/abuya

Ismail, Ayub. 2023. Apa Itu Chat GPT dan Cara Menggunakannya? https://stekom.ac.id/artikel/apa-itu-chat-gpt-dan-cara-menggunakannya

Liza Zahara, S., Ula Azkia, Z., & Minan Chusni, M. 2023. Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan, 3(1), 15–20. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mipa/

Manik, E., Marbun, Y., Simanjuntak, R. A. B., & Simarmata, R. J. 2023. Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 2297-2303.

Misnawati, M. 2023. ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 54-67.

Nailus, S., & Hasanudin, C. 2023. Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1(1), 593–604.

Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 1-7.

Ramadhan, F. K., Faris, M. I., Wahyudi, I., & Sulaeman, M. K. 2023. Pemanfaatan ChatGPT dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9(1), 25-30.

Safina, Marhani Amalia,Alfaiz, Zahrah. 2023. Chat Gpt: Memaksimalkan Potensi Artificial Intelligence Dalam Penggalian Ide Riset Ilmiah, Website RKIM, http://rkim.ub.ac.id/2023/04/05/research-101/

Santoso Dewonoto Laut, P., Riski, I., Kholik, N., Raffi Akbar, M., & Saifudin, A. 2021. Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran Mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(3), 579–589. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika579

Setiawan, Adi., & Luthfiyani, U. K. 2023. Gunakan ChatGPT untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Petisi, 4(1), 49–58. https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknologiinformasi/article/view/3680

Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. 2023. Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1-10.

Sony Maulana, M., Nurmalasari, Rheno Widianto, S., Dewi Ayu Safitri, S., & Maulan, R. 2023. Pelatihan ChatGPT sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Artificial Intellegence di Kelas. JOTIKA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 16–19. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Sriasih, Sang Ayu & Ni Made Rai Wisudariani. 2024. Telaah Buku Teks. Denpasar : Pustaka Larasan.

Suharmawan, Wahid. 2023. Pemanfaatan Chat GPT dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Education Research and Development, 7(2), 158-170. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/1248

Supriyadi, Edi. 2022. Eksplorasi Penggunaan Chatgpt dalam Penulisan Artikel Pendidikan Matematika. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), https://ejournal.papanda.org/index.php/pjmsr/article/view/252/166

Pontjowulan H.I.A. 2023. Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies,2(2),1-8. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/156

Pramesthi Anggit. 2023. Chat GPT adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya, https://koinworks.com/blog/chat-gpt-adalah/

Theo Chanra Merentek, Elni Jeini Usoh, & Jeffri Sonny Junus Lengkong. 2023. Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26862-26869

Wisudariani, Ni Made Rai, dkk. 2023. Inovasi dalam Pendidikan : Mengubah Paradigma Pembelajaran. Deli Serdang : PT. Mifandi Mandiri Digital.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##