PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MERANCANG PEDOMAN LAYANAN KONSELING SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN RESPECTFUL MIND DI KALANGAN SISWA SMP

Penulis

  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Sri Lestari Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

PKM, merancang panduan, Konseling sebaya, respectful mind, siswa SD

Abstrak

Tujuan kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru BK dalam merancang pedoman konseling sebaya untuk meningkatkan respectful mind  dikalangan siswa SMP. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan juga pelatihan yang dikemas dalam bentuk seminar dan workshop. Sasaran kegiatan adalah guru BK SMP negeri maupun swasta di kecamatan Kubutambahan yang seluruhnya berjumlah 25 orang. Hasil kegiatan PKM ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru BK terkait respectful mind dan selain itu juga kemampuan guru BK dalam menyusun RPL konseling sebaya untuk untuk meningkatkan respectful mind juga meningkat, selain itu Guru BK sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Dari hasil diskusi, pelatihan juga simulasi yang dilakukan oleh peserta kegiatan diketahui juga bahwa konseling sebaya dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP. Penerapan konselor sebaya sangat membantu guru BK dalam menjangkau seluruh siswa yang memerlukan bantuan penyesuaian di sekolah.

 

Kata Kunci: PKM, merancang panduan, Konseling sebaya, respectful mind, siswa SMP

 



Referensi

Abidin, M., & Heri, R. (2019). A Diagnosis Of Difficulties In Answering Questions Of Circle Material On Junior High School Students. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 144–155. https://doi.org/http://doi.org/10.21831/pep.v23i2.16 454.

Arifin, S., Kartono, & Hidayah, S. (2019). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 147–156.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Hartati, Y. (2018). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1),ps://doi.org/http://doi.org/10.30997/jsh.v9i1.482.

Kadek Suranata. 2013. Pengembangan Model Tutor Bimbingan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Mengatasi Masalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 2, No 2. ISSN 2303- 288X. Universitas Negeri Padang

Kan, P.V. (1996). Peer Counseling in Explanation. [Online]. Tersedia: http://www.peercounseling.com. Akses 22 Agustus 2006.

Kovacs, Sherrill, J., George, C. J., Polluck, M., Tumuluru, R. V., & Ho, V. (2006). Contextual emotion. Regulation therapy for childhood depression: Description and pilot testing of a new intervention. American Academy of Child and Adolescent Psychiatry,45(8), 892-903.

Laursen, E.K. (2005). Rather Than Fixing Kids - Build Positive Peer Cultures. Reclaiming Children and Youth. 14. (3). 137 – 142. (ProQuest Education Journals).

Mauss, I. B., Cook, C. L., Cheng, J. Y, & Gross J. (2007). Individual differences in cognitive reappraisal: Experiental and physiological responses to an anger provocation. International Journal of Psychophysiology. INTPSY-09754, 10.1016/j.ijpsycho.2007.03.017, 1-9.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus

Nuryanti, L. (2008). Psikologi anak. Dengan Perbaikan. Jakarta: PT Indeks.

Rahman, A. (2017). Analisis Pemahaman Guru Tentang Asesmen Pembelajaran Matematika Tingkat SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Maros. Open Science Framework, 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.17605/OSF.IO/W8ZT9

Rivers, Ian, Poteat, paul, Noret, Nathalie, Ashurst, nigel. 2009. School psychology quarterly vol 24 No. 4, 211-223 1045-3830/09/$12.00 http://dx.doi.org/10.1037/a0018164

Santrock, J. 2010. Adolescence (8th ed). Norh America: McGraw-Hill.

Tindall, J.D. and Gray, H.D. (1985). Peer Counseling: In-Depth Look At Training Peer Helpers. Muncie : Accelerated Development Inc.

Try Ardhi, dkk. 2019. Peer Counseling Untuk Meningkatkan Kesadaran Terhadap

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##