PELATIHAN MICRO-CONTENT BERORIENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA GURU-GURU SMP
Kata Kunci:
pelatihan, multiple intelligences, micro-contentAbstrak
Pengetahuan dan keterampilan guru-guru mendesain pembelajaran berorientasi multiple intelligences khususnya membuat konten masih perlu ditingkatkan. Guru-guru selama ini hanya menggunakan konten dari buku paket dan internet yang memiliki beberapa kelemahan, seperti materinya yang padat, kompleks dan belum mengakomodasi beragam kecerdasan siswa. Tujuan pelatihan adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SMP dalam membuat micro-content berorientasi multiple intelligences. Khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah guru-guru SMP Negeri 4 yang berjumlah 15 orang. Kegiatan PkM dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Pelatihan diberikan secara tatap muka sedangkan pendampingan akan dilakukan sebanyak 2 kali. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi tanya jawab, praktik, dan simulasi. Peningkatan pengetahuan peserta pelatihan diketahui melalui hasil analisis skor pretest dan posttest. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru-guru. Rerata pengetahuan sebelum pelatihan 66,66 dan meningkatkan menjadi 88,00 setelah pelatihan.
Referensi
Ahmad, N. J., Yakob, N., Bunyamin, M. A. H., Winarno, N., & Akmal, W. H. (2021). The effect of interactive computer animation and simulation on students’ achievement and motivation in learning electrochemistry. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 311–324. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.26013
Emmawita. (2018). Penggunaan Metode Pemberian Contoh Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Materi Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 633–638.
Lamontagne, C., Sénécal, S., Fredette, M., Labonté-LeMoyne, É., & Léger, P. M. (2021). The effect of the segmentation of video tutorials on User’s training experience and performance. Computers in Human Behavior Reports, 3(March). https://doi.org/10.1016/j.chbr.2021.100071
Mayer, R. E. (2021). Evidence-based principles for how to design effective instructional videos. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 10(2), 229–240. https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2021.03.007
Nugraha, H., Rusmana, A., Khadijah, U., & Gemiharto, I. (2021). Microlearning Sebagai Upaya dalam Menghadapi Dampak Pandemi pada Proses Pembelajaran. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 225–236. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p225
Sudarma, I. K., & Ilia, W. S. Y. (2021). Improving Children’s Cognitive Ability Through Information Processing Theory-Based Digital Content. International Journal of Elementary Education, 6(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1
Sudarma, I. K., Suwatra, W., Gede, D., & Putra Prabawa, A. (2019). The Development of Multiple Intelligence Empowerent-Oriented Learning Media at Elementary Schools. https://doi.org/10.4108/EAI.21-11-2018.2282110
Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2018). Pelatihan dan pendampingan pembelajaran berorientasi multiple intelligences bagi guru-guru TK di kecamatan buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Inovatif Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Dan Daya Saing Bangsa.
Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2019). Pelatihan implementasi media pembelajaran berorientasi multiple intelligences melalui lesson study di taman kanak-kanak. Sinergitas Perguruan Tinggi Dan Pemerintah Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Widiana, I. K., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2021). Integration of Multiple Intelligences in Thematic Instructional Kit in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.23887/IJEE.V5I1.33841
Zheng, H., Jung, E., Li, T., & Yoon, M. (2022). Effects of segmentation and self-explanation designs on cognitive load in instructional videos. Contemporary Educational Technology, 14(2). https://doi.org/10.30935/CEDTECH/11522
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.