PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEKSUAL BERBASIS DIGITAL BAGI PARA GURU PAUD DI TK NEGERI TUKADMUNGGA

Penulis

  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Chintya Ari Putri Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pendidikan Seksual, Media Pembelalajaran Digital, Anak Usia Dini

Abstrak

Pendidikan seksual membantu anak memahami perkembangan seksualitasnya dengan benar sehingga dapat membangun gambaran yang baik akan tubuh mereka. peran orang dewasalah (orangtua dan pendidik) yang membangun komunikasi efektif dan mendidik sendiri anaknya tentang pendidikan seksual. Lembaga Pendidikan seharusnya berupaya keras agar sedari dini anak-anak lebih paham akan pentingnya Pendidikan Seksual dan tidak lagi menjadi “korban” dari kekerasan/kejahatan seksual. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah: 1) Memberikan pengetahuan/konten terkait Pendidikan Seksual dan Media Pembelajaran berbasis Digital pada guru-guru di TK TukadMungga; 2) Meningkatkan ketrampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran yang berbasis Digital terkait Pendidikan Seksual terhadap anak usia dini. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah para guru TK telah mampu meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan dalam upaya pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis Digital untuk pendidikan seksual anak usia dini.

Referensi

Akbar, Nawir Arsyad. 2019. Sepanjang Tahun 2018, Ada 100 Lebih Korban Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Indonesia. http://jakarta.tribunnews.com/2018/03/19/sepanjang-tahun-2018-ada-100-lebih-korbankekerasan-seksual-terhadap-anak-di-indonesia#gref.

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Darmadi. 2018. Remaja Dan Seks. Lampung Tengah: Guepedia.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Diakses Tanggal 28 Januari 2022.

Eka Oktavianingsih dan Reni Putri Fazriatin, Edukasi Seks Untuk Anak Usia Dini (Yogyakarta: Refika Aditama, 2019).

Ifadah, A. S. 2021. Materi Dan Strategi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Journal of Islamic Education for Early Childhood, 3(1), 40–50.

Joyce, Bruce and Weil, Marsha. (1980). Models of Teaching (Second Edition). Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Lazuardi, Glery. 2021. Hasil Survei KPAI: 88 Persen Pelaku Kekerasan Seksual di Sekolah Adalah Tenaga Pendidik. https://banten.tribunnews.com/2021/12/12/hasil-survei-kpai-88-persen-pelaku-kekerasan-seksual-di-sekolah-adalah-tenaga-pendidik.

(Tribun Banten). Diakses pada 1 Februari 2022.

Rahayu, Galih Dani Septiyan & Dida Firmansyah. 2018. Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendapingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), IKIP Siliwangi, Volume 1 Nomor 1, page: 17-25.

Ratnasari, Risa Fitri. 2016. Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal’ Tarbawi Khatulistiwa’ , Vol.2 No. 2.

Safita, Reny. 2013. Peranan Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak. Academia, Edu-Bio, Vol.4.

Sagala, S. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta..

Tampubolon, G. N. ; Yuliani Nurani; Sri Martini Meilani. 2019. Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Issue 2 (2019) Pages 527-536.

Yafie, Evania. 2017. Peran Orang Tua Dalam Memberikan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), Volume 4, Nomor 2.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##