PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU PAUD DALAM PENINGKATAN EDUKASI SEKSUAL ANAK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI TK NEGERI TUKADMUNGGA

Penulis

  • Anjar Tri Astuti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Rahutama Atidira Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Balik Setiawati Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Edukasi seksual, Pembelajaran Digital, Pelatihan, Guru PAUD

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan pada Guru PAUD dalam meningkatkan edukasi seksual anak usia dini melalui pembelajaran berbasis digital. Kegiatan ini melalui 4 tahap, yaitu (1) tahap pemberian materi tentang kekerasan seksual anak, (2) tahap pemberian edukasi seksual anak (3) tahap pelatihan pembuatan pembelajaran berbasis digital (4) tahap pendampingan (5) tahap evaluasi post kegiatan. Hasil kegiatan menggunakan penilaian skala likert yang terdiri dari pengetahuan dan keterampilan peserta dengan nilai >3,40, berada pada kategori baik. Target luaran yang ingin dicapai adalah para Guru PAUD mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan edukasi seksual anak usia dini melalui pembelajaran berbasis digital. Guru PAUD merupakan salah satu sumber informasi dan pendidik yang dekat dengan anak sehingga dapat menjadi perantara dalam pemberian edukasi seksual anak usia dini guna mencegah kejadian kekerasan seksual pada anak.

Referensi

Kemendikbud RI, 2016, Petunjuk Teknis penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD 2015, Direktorat PPAU Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak. 2024.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 2024.

Mou, L., Mahmud, N., & Agustan Arifin,

A. (2021). Kajian Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 140–149. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.226 4

Profil Desa Tukadmungga, 2024.

Profil TK Negeri Tukadmungga, 2024. Peraturan Menteri Pendidikan Dan

Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Rokhadi. (2021). Peran dan strategi kepemimpinan kepala paud, dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pan

Sari, M. N. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di PAUD PGTK IT Harapan Mulia. Jurnal Literasi, VIII(2), 111–118. Sudjana,

D. (2010). Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan

Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Falah Production

Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran ( Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong ). TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(1).

Trianingsih,Y, Durhati, Afriona V, Djasfar,TD. (2017). Dinamika Psikologis Anak Korban Pedophilia Homoseksual (Sebuah Studi Fenomenologis). Jurnal RAP UNP, Vol. 8, No. 1, Mei 2017, hal. 113-122.

Unduhan

Diterbitkan

01-12-2024

Terbitan

Bagian

##section.default.title##