PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA GURU SD NEGERI 5 LES
Kata Kunci:
evaluasi, pembelajaran digital, Aplikasi KahootAbstrak
Pendidikan abad ke-21 ditandai dengan perubahan yang cepat dalam teknologi, informasi, dan cara belajar sehingga evaluasi digital menjadi aspek penting yang mendukung pendiidk dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan hasil belajar peserta didik. Dengan mengembangkan evaluasi partisipatif berbasis Aplikasi Kahoot, pendidik dapat menciptakan evaluasi pembelajaran digital melalui sebuah aplikasi permainan yang dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam PkM ini untuk meningkatnya kemampuan dan keterampilan guru di SD Negeri 5 Les Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng dalam pengaplikasikan Aplikasi Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran digital. Pendampingan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendampingan penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran digital ini berhasil mencapai tujuannya dengan sangat baik sehingga menghasilkan dampak positif. Melalui pendampingan ini, pendidik tidak hanya diperkenalkan pada teknologi pendidikan, khususnya evaluasi digital yang inovatif seperti Aplikasi Kahoot, tetapi juga dilengkapi dengan keterampilan praktis untuk mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.Referensi
_____, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2017). Teachers Competence In Organizing Learning Assessment And Evaluation Of Physical Education Vocational High School Teachers In Kabupaten Karawang. The 4th International Conference On Physical Education, Sport And Health (Ismina) And Workshop: Enhancing Sport, Physical Activity, And Health Promotion For A Better Quality Of Life, 908.
Gustiawati, R., Fahrudin, F., Kurniawan, F., & Indah, E. P. (2019). Pengembangan Pendekatan Evaluasi the Most Significant Change Technique dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga,18(2),125–129. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7624
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
Mahardika, A. I., Saputra, N. A. B., Muda, A. A. A., Riduan, A., Luzuardi, N. S., & Nurmalinda, N. (2023). Pendampingan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Digital Menggunakan Quizizz bagi Guru di Kota Banjarmasin. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(1), 1-9.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005
Rohman, A. (2007). “Masalah Pembelajaran dan Pemecahannya”. Makalah pada seminar Nasional Inovasi Pembelajaran, Jakarta.
Tahalele, I. J. (2016). Pemanfaatan Media Evaluasi Digital (Doctoral dissertation. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW).
Warsihna, J., & Ramdani, Z. (2020). Signifikansi kahoot!: Interaksi manusia dan mesin dalam proses pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 154-167.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.